Menu Sehat Ayam Probiotik, Ini Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

Kamis, 05 April 2018 - 22:36 WIB
Menu Sehat Ayam Probiotik, Ini Manfaat untuk Kesehatan Tubuh
Menu Sehat Ayam Probiotik, Ini Manfaat untuk Kesehatan Tubuh
A A A
Menu sehat ayam probiotik? Pernahkah Anda mendengar menu ini? KFC Indonesia memelopori penggunaan ayam probiotik sebagai menu makanan sehat yang disajikan kepada konsumennya di Indonesia. Menu makanan sehat ayam probiotik ini menjadi inovasi PT Fast Food Indonesia Tbk sebagai pemegang lisensi restoran cepat saji ini yang disajikan di tiga gerainya di Jakarta. Yakni Kemang, Gunawarman, dan Kelapa Gading.

Inovasi menu ayam probiotik itu dirintis KFC Indonesia sejak akhir tahun lalu. Menu yang disajikan memakai ayam probiotik yang berasal dari peternakan ayam yang bebas dari antibiotik. ’’Sebenarnya sih ini challenge dari kita punya marketing. Karena ini (ayam probiotik) pengembangan baru dari daging ayam. Harapannya, kita introduce ke konsumen Indonesia ada lho produk daging ayam probiotik,’’kata Hendra Yuniarto, General Manager Marketing PT Fast Food Indonesia Tbk (KFC Indonesia), Hendra Yuniarto, di Jakarta, Kamis (5/4/2018).

Hendra menjelaskan jika KFC Indonesia selalu mendorong kepada 11 mitra pemasok ayam untuk memberikan ayam probiotik sesuai standar KFC, termasuk berat serta bentuk potongan ayamnya. Dia mengungkapkan jika PT Charoen Pokphand Indonesia (CPI) menjadi pemasok terbesar yang mencapai 50 persen. Setiap harinya, 80-90 ton daging ayam disalurkan ke 638 gerai KFC di seluruh Indonesia.

’’KFC Indonesia tetap berkomitmen menyajikan menu sehat untuk konsumen. Kita tetap meng-aware-kan ke konsumen bahwa ayam probiotik ini sudah ada lho di Indonesia. Dan KFC sebagai salah satu restoran yang menggunakan,’’tuturnya.

KFC Indonesia sendiri, kata Hendra, memiliki tiga standar pengecekan laboratorium untuk ayam yang mereka pesan dari pemasok. Yakni daging ayam harus bebas formalin, bebas residu kimia, dan tidak mengandung mikroorganisme Salmonella.

Hendra menegaskan, jika tonase meningkat, pihaknya akan terus memopulerkan ayam probiotik ini ke gerai yang memiliki segmen A. ’’Saya akan selektif. Mengapa? Karena target market kita untuk ayam probiotik adalah segmen A. Kita ada tiga gerai yang sudah memakai ayam probiotik. Yakni KFC Gunawarman, Kemang, dan Kelapa Gading karena segmen A banyak di sana,’’jelasnya.

Senior Reseracher sekaligus Poultry Nutritionist, Desmayati Zainuddin, menjelaskan pengertian ayam probiotik adalah ayam yang diternakkan dan diberi makan probiotik. Probiotik ini, kata Desmayati, bentuknya bubuk yang dilarutkan dengan air menjadi minuman.''Disajikan sejak ayam kecil hingga siap untuk panen,''kata Desmayati.

Dia menjelaskan jika, ayam probiotik lebih banyak serat dagingnya dan lebih sehat dikonsumsi dibandingkan ayam broiller biasa. Menurutnya, kadar lemak ayam probiotik juga lebih rendah sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5747 seconds (0.1#10.140)