Temukan Pedas Manis Masakan Nusantara di Tebet

Jum'at, 06 April 2018 - 20:30 WIB
Temukan Pedas Manis Masakan Nusantara di Tebet
Temukan Pedas Manis Masakan Nusantara di Tebet
A A A
SAJIAN dengan selera Nusantara tiada duanya. Bagi Anda yang sangat suka makanan bercita rasa pedas, mampir ke restoran yang satu ini pun bisa jadi pilihan. Balakenam Dapoer Rakjat menawarkan suasana nyaman makan bersama keluarga atau kerabat ini punya banyak varian menu Nusantara.

Saat membuka buku menu, KORAN SINDO pun bisa menemukan pilihan menu dari Makassar seperti nasi jambal dabu hingga menu soto banyumas, dan masakan Betawi seperti asinan pengantin. Tampak menarik, langsung saja memesan nasi goreng merah yang dari Makassar karena dibuat dengan saus khas merah Makassar, tambahan seafood, dan telur ceplok.

Sudah dapat diduga, rasanya pedas seperti kebanyakan makanan dari Manado yang biasa diracik dengan bumbu rica-rica atau dabu. Sebagai pendamping menu berkuah, pesanlah juga asam-asam iga sapi. Menu ini memakai pelengkap irisan tomat, buncis, dan bawang goreng. Kuahnya terasa segar dengan jejak rasa tomat.

Menu ini sangat cocok dinikmati pada siang terik atau kala cuaca dingin karena seketika rasa asamnya membuat siapa yang menyeruput kuahnya merasa segar. Ada juga paduan manis kecap, tekstur daging sapi iga pun terasa pas, tidak terlalu lembek maupun keras. Adapun buncis yang dipakai terasa renyah.

Adapun soto banyumas memiliki rasa gurih kaldu ayam dari campuran rempah soto. Di dalamnya ada suwiran daging ayam, soun, dan pelengkapnya kerupuk emping. Masih dengan dominan rasa pedas, pesanlah nasi jambal rica yang disajikan dengan ikan jambal bakar dan sambal rica pedas.

Sementara menu tongseng di sini terbilang kental dengan santan kuning, namun rasanya tak begitu legit dan biasa saja, dagingnya pun tak terlalu banyak. Untuk Anda yang tak terlalu suka makanan pedas dan lebih memilih sajian dengan rasa gurih dan manis, bisa memesan hidangan khas dari Jawa Tengah seperti bistik jawa dan mi kuah jawa.

Sementara rasa asam dan gurih datang dari asinan pengantin. Dalam racikan bumbu kacangnya dapat ditemukan udang ebi. Menu Nusantara tentu saja tak lupa ada nasi. Jika ingin komplet, pesan menu nasi jambal rica atau nasi jambal dabu. Adapun yang paduannya manis, ada nasi kuning tumpeng mini yang diiringi lauk ayam goreng, telur cabai, terik tempe, dan perkedel kentang.

Penasaran ingin mencoba berbagai menu Nusantara di sini? Langsung saja berkunjung ke Balakenam Dapoer Rakjat yang beralamat di Jl KH Abdullah Syafei Kaveling 4, Tebet, Jakarta Selatan.
(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7757 seconds (0.1#10.140)