Mengenal Peter Henlein, Penemu Jam Tangan

Senin, 09 April 2018 - 17:00 WIB
Mengenal Peter Henlein, Penemu Jam Tangan
Mengenal Peter Henlein, Penemu Jam Tangan
A A A
BENDA ini selalu kalian lirik, apalagi menjelang jam-jam pulang sekolah. Hehe… Yup, jam tangan. Setiap kalian pasti punya, kan? Tapi, tahu nggak siapa yang pertama kali menciptakannya?

Meski terlihat sepele, jam sangat berguna untuk menunjang kegiatan kita sehari-hari, ya, Kids. Kalian bisa mengatur jadwal kegiatan seperti jadwal makan, jadwal les, ataupun jadwal belajar. Kalian juga bisa menyalakan alarm sebagai pertanda harus bangun dari tidur.

Sepertinya, kita semua harus berterima kasih pada Peter Henlein asal Nuremberg, Jerman. Pria kelahiran tahun 1485 inilah yang diyakini sebagai penemu jam tangan. Awalnya, pada tahun 1504, Peter bekerja sebagai tukang kunci di sebuah tempat pengrajin benda unik. Dari situlah Peter belajar, mengutak atik, dan melakukan percobaan.

Jam Taschenuhr
Awalnya, Peter membuat jam hias portable dengan wadah yang bisa dibawa-bawa. Salah satu jam buatannya yang terkenal adalah taschenuhr, jam dalam bentuk wadah kecil dari logam mulia. Kerajinan taschenuhr yang dibuat Peter sangat unik. Banyak bangsawan yang menyukainya. Kala itu, jam tersebut juga masih sangat langka dan hanya dipakai para bangsawan.

Bagaimana kemudian jam tangan itu berkembang seperti sekarang ini? Simak ulasan selengkapnya di Majalah Just for Kids Edisi 9/VIII/2018 yang terbit April ini. Buruan beli Majalah Just for Kids, jangan sampai kehabisan.

Mengenal Peter Henlein, Penemu Jam Tangan
(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5120 seconds (0.1#10.140)