Desainer Lindy Ann Umarhadi Perkuat KSBN di Festival Mesir

Minggu, 27 Mei 2018 - 05:09 WIB
Desainer Lindy Ann Umarhadi Perkuat KSBN di Festival Mesir
Desainer Lindy Ann Umarhadi Perkuat KSBN di Festival Mesir
A A A
KAIRO - Salah satu kekuatan Indonesia adalah keragaman pakaian daerah. Bahkan, jenis pakaian batik sudah menjadi ikon dunia. Namun, promosi kearifan lokal tak boleh berhenti, melainkan harus terus diperkenalkan dan dipromosikan ke dunia internasional.

Dalam misi budaya itu pula Komite Deni Budaya Nusantara (KSBN) tampil dalam Cairo & Alexandria Ramadhan Festival 2018. Dan lewat perancang busana Lindy Ann Umarhadi, batik Megamendung ciri khas Cirebon turut mewarnai festival di Kota Para Firaun itu.

Menurut Lindy, pihaknya sangat terhormat bisa ikut ambil bagian dalam misi budaya tersebut. Dia pun berharap kearifan lokal Indonesia bisa turut mendunia.

"Arti batik Megamendung adalah awan yang muncul ketika cuaca sedang mendung. Dengan filosofi bahwa setiap manusia harus mampu meredam amarah dan emosinya dalam situasi dan kondisi apapun," ujar Lindy.

Dengan kata lain, mereka yang memakai batik megamendung diharapkan bisa tetap sejuk, tenang dalam setiap kondisi, terutama pada bulan Ramadan ini.

Batik yang menjadi ciri khas Kota Cirebon ini tampil tampil dalam warna merah, emas dan hitam sesuai warna Opera House Cairo tempat acara berlangsung.

Batik Cirebon tampil elegan dengan desain kaftan, kebaya, celana aladin, tunik dan outer.

Lindy mengatakan dengan menekankan kerapihan dalam menjahit, warna emas tampak menjadi bingkai dari beberapa batik megamendung. Kebaya dan tunik menjadi lebih modern dan mewah dengan bisban emas.

"Selain pemakaian selendang, turban, aksesoris tradisional berwarna keemasan pun membuat batik Megamendung tampil lebih mewah,” ujar dia.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4928 seconds (0.1#10.140)