Resep Sahur: Tumis Bunga Pepaya

Rabu, 30 Mei 2018 - 03:30 WIB
Resep Sahur: Tumis Bunga Pepaya
Resep Sahur: Tumis Bunga Pepaya
A A A
JAKARTA - Tumis Bunga Pepaya menawarkan rasa yang unik. Makanan khas Manado ini umumnya disajikan bersama ikan cakalang dan daun kangkung. Campuran ini membuat menu ini memiliki tekstur yang lembut dan renyah.

Selain itu, rasa gurih pedas dan sedikit pahit membuat makanan ini menjadi sangat khas. Membuatnya pun mudah. Cukup 10 menit, Tumis Bunga Pepaya dapat disajikan sebagai menu santap sahur bersama keluarga tercinta. Dikutip Tastemade, berikut resep membuatnya.

Bahan - bahan:

2 genggam bunga pepaya
½ panci air
Garam secukupnya
1 genggam cakalang
1 ikat daun kangkung
Minyak goreng

Bumbu:

4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
½ buah cabai merah keriting
1 buah cabai hijau besar
2 buah cabai rawit hijau
½ ruas jahe
1 lembar daun jeruk purut
½ batang daun bawang
½ genggam daun kemangi

Cara membuat:

Rebus bunga pepaya dengan garam agar rasa pahitnya berkurang. Angkat, tiriska jika sudah layu. Keprek bawang putih sebelum dirajang. Rajang bawang merah. Iris daun bawang, cincang daun jeruk purut. Iris-iris semua cabai.

Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum, masukkan cabai, tambahkan jahe. Tambahkan daun jeruk purut. Jika aroma daun jeruk purut sudah tercium, masukkan ikan cakalang suwir. Aduk agar bumbu tercampur rata dan cakalangnya tidak gosong.

Setelah ikan kering, masukkan bunga pepaya, masak hingga tercampur merata. Masukkan kangkung. Jika sudah mulai layu, beri garam dan merica sesuai selera. Tambah daun bawang dan aduk-aduk. Masukkan cabai rawit utuh jika ingin rasa yang lebih pedas lagi. Tumis bunga pepaya siap disajikan.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3000 seconds (0.1#10.140)