Destinasi Wisata Halal Indonesia

Rabu, 30 Mei 2018 - 13:48 WIB
Destinasi Wisata Halal Indonesia
Destinasi Wisata Halal Indonesia
A A A
DAYA saing destinasi wisata halal di Indonesia semakin mendunia. Jika pada 2016 Indonesia berada di peringkat tiga dalam rating GMTI, pada 2017 posisinya naik di urutan kedua. Bahkan pada 2019 nanti, pemerintah menarget Indonesia bisa nomor satu di dunia di rating GMTI. Berikut sejumlah destinasi wisata halal di Tanah Air.

1. Aceh
Destinasi Wisata Halal Indonesia


Aceh sedang berbenah, sektor penunjang transportasi umum sedang dipersiapkan. Untuk destinasi wisata, Aceh memiliki banyak spot menarik untuk dikunjungi wisatawan muslim seperti Museum Banda Aceh, hingga pusat kebudayaan Islam.

2. Nusa Tenggara Barat
Destinasi Wisata Halal Indonesia


Provinsi di sebelah timur Bali ini memang sedang naik daun karena tingkat kunjungan wisatawan baik dalam dan luar negeri begitu pesat. Selain memiliki pantai indah seperti Kuta, Senggigi hingga Gili Trawangan, pesona alam pegunungannya juga menarik perhatian wisman untuk menaklukkannya salah satunya adalah Gunung Rinjani yang memiliki ketinggian 3.726 mdpl.

3.Sumatera Barat
Destinasi Wisata Halal Indonesia


Destinasi yang sedang dipromosikan yaitu Danau Singkarak, Kepulauan Mentawai. Sumatera Barat juga berhasil memenangi 'Kompetisi Pariwisata Halal Nasional' (KPHN) dilaksanakan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.
Sumbar memenangkan empat kategori yakni destinasi wisata halal terbaik, kuliner halal terbaik, biro perjalanan wisata halal terbaik, dan restoran halal terbaik.

4. Yogyakarta
Destinasi Wisata Halal Indonesia


Kota gudeg dengan sejuta kenangan ini memang punya ciri khas tersendiri. Keunikan dan sejarah panjang beberapa destinasi di Jogja layak untuk dikunjungi seperti Tamansari hingga candi-candi. Tak mudah mendatangkan wisatawan muslim ke kota pelajar ini namun tak menutup kemungkinan kota ini bisa menjadi kota wisata ramah terhadap muslim ke depannya.

5. Jawa Timur
Destinasi Wisata Halal Indonesia


Bromo dan Semeru digadang-gadang menjadi spot andalan halal tourism di provinsi ini. Bukan tanpa alasan, sektor akomodasi dan transportasi sebagai penunjang terbilang memadai. Akses yang mudah, dan pembangunan infrastruktur yang terus digalakkan seperti di Kota Malang.

6. Jawa Tengah
Destinasi Wisata Halal Indonesia


Borobudur menjadi magnet besar wisatawan luar saat berkunjung ke Jawa Tengah. Potensi wisata halal di Jawa Tengah sangat terbuka lebar, seperti misalnya kepulauan Karimunjawa. Kepulauan di utara Kabupaten Jepara ini sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Pulau-pulau kecil dan terumbu karang yang indah menjadi andalannya.

7. Kalimantan Timur
Destinasi Wisata Halal Indonesia


Provinsi Kalimantan Timur juga sedang bergeliat di sektor pariwisata. Potensi wisata halal digalakkan salah satunya yaitu mempromosikan Kabupaten Berau ke dunia internasional. Pulau Berau yang memiliki kekayaan dan pemandangan laut memesona ini diharapkan bisa masuk dalam daftar wisata halal nasional.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3207 seconds (0.1#10.140)