Sensasi Olahan Sambal Goreng Kentang Hati Spesial Lebaran

Kamis, 14 Juni 2018 - 15:09 WIB
Sensasi Olahan Sambal Goreng Kentang Hati Spesial Lebaran
Sensasi Olahan Sambal Goreng Kentang Hati Spesial Lebaran
A A A
JAKARTA - Selain dendeng paru dan rendang, Sambal Goreng Kentang Hati juga menjadi salah satu hidangan yang selalu tersedia di meja saat perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Biasanya, hidangan ini disantap bersama ketupat dan opor ayam. Kentang yang telah digoreng, di masak dengan bumbu sambal yang pedas dan hati goreng yang gurih. Kombinasi ini menjadikan menu yang satu ini special dengan cita rasa nikmat sempurna. Dikutip Tastemade, berikut resep membuat Sambal Goreng Kentang Hati.

Bahan-bahan:
1/2 kg kentang
3 pasang hati ayam
2 lembar daun jeruk
200 ml santan
1 lembar daun salam
1 papan petai
2 cm lengkuas
1 sdm gula merah
1 batang serai
2 sdm air asam jawa

Bumbu halus:
½ sdt garam
5 buah cabai merah keriting
2 buah cabai merah besar
6 butir bawang merah
1 cm jahe
4 butir kemiri
3 siung bawang putih
1 buah tomat

Cara membuat:
Goreng kentang yang telah dipotong dadu ke dalam minyak goreng panas. Lumuri hati ayam dengan air jeruk nipis untuk mengurangi bau amis. Lalu rebus dalam air mendidih selama 3 menit. Tiriskan kemudian goreng dalam minyak panas hingga kering.

Masukan cabai merah besar, cabai merah keriting, bawang merah, kemiri, bawang putih, tomat ke dalam blender dan tambahkan sedikit minyak, haluskan. Panaskan minyak lalu masukkan jahe, lengkuas, dan serai yang telah dimemarkan.

Tambahkan daun jeruk dan daun salam, tumis sebentar lalu masukkan bumbu yang telah dihaluskan. Tumis hingga matang dan harum. Masukkan petai, hati goreng, dan kentang yang telah digoreng. Aduk hingga bumbu tercampur rata lalu tambahkan santan dan gula merah.

Bumbui dengan garam, lada, dan air asam. Masak hingga kuah mengental dan meresap. Sambal goreng kentang hati siap disajikan.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5149 seconds (0.1#10.140)