Serabi Bandung, Jajanan Tradisional yang Pas untuk Berbuka Puasa

Senin, 11 Juni 2018 - 14:30 WIB
Serabi Bandung, Jajanan Tradisional yang Pas untuk Berbuka Puasa
Serabi Bandung, Jajanan Tradisional yang Pas untuk Berbuka Puasa
A A A
JAKARTA - Serabi Bandung menjadi jajanan pasar tradisional khas Bandung yang umumnya dijadikan sarapan atau camilan tengah malam. Namun serabi juga cocok disantap saat buka puasa. Variasi serabi pun cukup beragam.

Selain serabi manis yang menggunakan saus kinca, serabi juga ada versi asinnya yang menggunakan oncom sebagai topping. Jika ingin menjadikan serabi sebagai menu buka puasa, yuk buat sendiri serabi di rumah dengan resep berikut ini seperti dikutip dari Tastemade.

Bahan-bahan:
Bahan serabi:

500 gr tepung beras
3 btr telur, kocok lepas
2 sdt ragi instant
3 sdm gula pasir, haluskan
1 ltr santan
1 sdt garam

Bahan kinca:

300 ml santan cair
100 gr gula merah
½ sdt garam
1 lbr daun pandan
1 ruas jari kayu manis
3 pcs nangka, iris

Cara membuat:

Campur dan aduk jadi satu tepung beras, ragi dan gula. Lalu masukkan telur dan tambahkan santan sedikit demi sedikit sambil di aduk hingga rata dan licin. Pastikan tidak ada yang menggumpal. Masukkan garam, aduk rata.

Diamkan selama 30-45 menit. Selagi menunggu, buat saus kinca. Masukkan santan, masak hingga agak didih lalu masukkan gula merah, garam, daun pandan, nangka dan kayu manis sambil terus di aduk. Didihkan.

Masak hingga saus kinca aga mengental. Sisihkan. Panaskan cetakan serabi, tuang adonan serabi 3/4 cetakan, masak hingga adonan berlubang lalu tutup. Masak hingga matang, angkat dan sisihkan. Sajikan serabi dengan saus kinca.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4414 seconds (0.1#10.140)