Manfaat Konsumsi Susu bagi Anak

Kamis, 21 Juni 2018 - 14:25 WIB
Manfaat Konsumsi Susu bagi Anak
Manfaat Konsumsi Susu bagi Anak
A A A
SEBAGAI salah satu sumber pangan kaya gizi, susu memiliki peranan penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anggota keluarga, khususnya anak-anak dalam masa pertumbuhan.

Kebutuhan dan gaya hidup masyarakat yang kian berkembang juga berperan besar akan jenis susu yang beredar di pasaran saat ini. Susu juga merupakan produk pangan dengan kandungan nutrisi lengkap yang paling mudah diserap, khususnya oleh anak-anak dengan fungsi pencernaan normal saat masa tumbuh kembangnya.

Tingkat konsumsi susu Indonesia saat ini masih bisa dibilang rendah bila dibandingkan rata-rata negara ASEAN lain, seperti Filipina dengan 22,1 liter, Thailand dengan 33,7 liter, dan Malaysia dengan 50,9 liter. Namun menariknya, konsumsi susu nasional terus meningkat hingga 5% setiap tahunnya dengan rata-rata konsumsi sebesar 17,2 kg/orang per tahun.

Senior Nutrition Manager PT Fonterra Brands Indonesia Ines Yumahana mengatakan, untuk anak atau remaja dianjurkan hanya 2 sampai 3 gelas susu perhari ditambah dengan pola makan yang sehat dan itu yang memang disarankan.

“Susu mempunyai manfaat yang baik untuk anak karena anak sedang mengalami tumbuh kembang dengan cepat, pertumbuhan, dan kepadatan tulangnya sedang terjadi, selain pertumbuhan dan perkembangan tubuh atau fisik anak juga butuh energi, susu mengandung karbohidrat, lemak dan protein,” ucap Ines.

Misalnya saat pemulihan sehabis sakit, protein dalam susu juga dibutuhkan oleh tubuh. Susu juga berperan bagi daya tahan tubuh karena mengandung vitamin A dan zink.

Sementara itu, konsumsi susu berlebihan pada anak bisa membuat anak susah makan dan tidak direkomendasikan memberikan susu berlebih pada anak apalagi untuk menggantikan makanan padat. (Iman Firmansyah)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7838 seconds (0.1#10.140)