Nasi Goreng Lamongan, Sajian Nikmat untuk Nonton Piala Dunia

Senin, 02 Juli 2018 - 20:17 WIB
Nasi Goreng Lamongan,...
Nasi Goreng Lamongan, Sajian Nikmat untuk Nonton Piala Dunia
A A A
JAKARTA - Nasi goreng masih menjadi menu pilihan banyak orang. Baik untuk sarapan atau makan malam. Umumnya, nasi goreng dibuat dengan menggunakan kecap. Namun, bagi Anda yang telah menjalani hidup sehat, bisa sedikit memodifikasi tanpa menambahkan kecap. Menu yang satu ini diberi nama Nasi Goreng Lamongan.

Selain mudah dibuat, hidangan nasi goreng ini juga menyehatkan karena penggolahannya tidak menggunakan kecap serta kandungan purin yang rendah sehingga aman dikonsumsi bagi pasien asam urat.

Berikut resep membuat Nasi Goreng Lamongan seperti dikutip dari buku Menu Istimewa Sarapan Keluarga: Resep Sepanjang Masa karya Anggaraeini Prabaningrum.

Bahan-bahan:
200 g nasi pulen dingin
50 g fillet ayam, goreng dan potong memanjang
2 butir putih telur ayam
2 buah tomat merah
4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 sdm minyak jagung untuk menumis
2 buah cabai merah, buang isinya, rajang
Saus tomat dan garam secukupnya

Pelengkap:

Kerupuk udang
Cabai rawit
Mentimun
Tomat

Cara membuat:

Tumbuk kasar bawang merah dan bawang putih. Tumis bersama cabai merah sampai harum. Masukkan telur ke dalam tumisan. Biarkan sebentar sampai agak mengental. Aduk-aduk hingga seperti orak-arik.

Masukkan nasi. Aduk dan ratakan.Sambil terus diaduk tambahkan saus tomat dan garam sedikit demi sedikit. Terus aduk hingga merata dan harum. Angkat. Sajikan dengan fillet ayam, kerupuk, potongan mentimun dan tomat segar.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0655 seconds (0.1#10.140)