Jaga Kecantikan dan Kebugaran dengan Pilates

Selasa, 14 Agustus 2018 - 16:39 WIB
Jaga Kecantikan dan Kebugaran dengan Pilates
Jaga Kecantikan dan Kebugaran dengan Pilates
A A A
MESKI usia sudah menginjak 43 tahun, Regita Cahyani, mantan istri Tommy Soeharto, terlihat tetap awet muda. Ternyata, rahasianya, selain menjaga pola makan sehat, Tata, sapaan akrab Regita, juga berolahraga secara teratur, terutama melakukan senam pilates. Bagi mantan model bernama lengkap Raden Ayu Ardhia Pramesti Regita Cahyani Soerjosoebandoro ini, senam pilates kini sudah menjadi kebutuhan hidup. Apalagi, karena senam itu pula, dia terbebas dari cedera punggung yang pernah dideritanya selama bertahuntahun.

“Pilates adalah bentuk fisioterapi pemulihan cedera. Lewat senam pilates yang saya jalani secara rutin, cedera punggung yang saya alami bertahun-tahun akhirnya sembuh,” ujar wanita kelahiran Jakarta, 2 April 1975, ini.

Bukan hanya itu, selain untuk penyembuhan cedera, senam pilates yang dilakukannya itu sangat membantu kebugaran tubuhnya. Itu pula yang membuat Tata selalu terlihat segar dan awet muda. Apalagi, dia juga telah mengubah pola hidupnya dengan memakan makanan sehat. Gerakan senam pilates sebenarnya terlihat hampir serupa dengan yoga.

Padahal, itu dua hal berbeda. Senam pilates adalah versi lebih modern dari yoga. Senam ini ditemukan pertama kali oleh mantan atlet asal Jerman Joseph Pilates. Senam ini sebagai bentuk latihan fisik untuk rehabilitasi dari cedera dan penguatan tubuh. Namun demikian, selain untuk pemulihan cedera, senam pilates juga mampu meningkatkan kekuatan otot inti mulai otot dada, perut, punggung, hingga panggul.

Bahkan, senam pilates juga bermanfaat bagi fleksibilitas dan keseimbangan tubuh. Karena telah merasakan manfaat luar biasa bagi kesehatan dan kebugarannya, Tata pun ingin mengembangkan senam pilates di Indonesia. Bahkan, dia sudah membuka Studio KX Pilates pertama di Indonesia di Crumble Crew, SCBD, Jakarta Selatan.

“Saya ingin berbagi pengalaman tentang senam pilates kepada masyarakat. Karena, saya sudah merasakan manfaatnya yang luar biasa bagi tubuh saya,” ujar Tata, saat soft launching di Studio KX Pilates Crumble Crew, akhir pekan lalu. Bagi Tata, mengembangkan bisnis gaya hidup seperti KX Pilates bukan hal yang asing.

Setelah bercerai dari putra mendiang mantan Presiden Soeharto itu pada September 2006, dia dan kedua anaknya, Darma Mangkuluhur dan Gayanti Hutami, menetap di Singapura. Di negeri itu pula dia sukses di bisnis fashion . Dan, kini dia kembali ke Indonesia dengan mencoba mengembangkan bisnis gaya hidup lainnya, yakni kebugaran. Dia membuka Studio KX Pilates yang merupakan waralaba dari Australia bentukan Aaron Smith.

“Setelah di SCBD, saya akan terus me ngem bangkan senam pilates di Indonesia dengan membangun 20 studio KX Pilates dalam lima tahun ke depan. Bahkan, pada 2019, saya sudah merencanakan membuka studio di Kemang. Saya ingin membuat konsep pilates baru ini tersedia untuk Asia,” kata Tata, yang dalam tahap awal ini membuka kelas pemula.

Di sisi lain, pendiri KX Pilates, Aaron Smith mengaku bangga dengan berdirinya Studio KX Pilates Crumble Crew. “Ini Studio KX Pilates pertama di luar Australia. Prinsip dasar pilates itu untuk penyembuhan cedera seperti punggung dan lain-lain, juga melatih otot core (inti). Bahkan, senam pilates juga sangat bagus bagi orang hamil dan setelah melahirkan,” ujar Smith.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7373 seconds (0.1#10.140)