Tips Masak Daging Biar Empuk, Baluri Nanas hingga Daun Pepaya

Rabu, 22 Agustus 2018 - 13:27 WIB
Tips Masak Daging Biar Empuk, Baluri Nanas hingga Daun Pepaya
Tips Masak Daging Biar Empuk, Baluri Nanas hingga Daun Pepaya
A A A
JAKARTA - Mengolah daging merah, baik kambing atau sapi tidaklah mudah. Salah mengolah justru dapat membuat daging menjadi alot dan berbau tak sedap. Tentunya hal ini bisa menyebabkan hidangan menjadi tidak terasa nikmat dan lezat.

Beberapa bahan pun dipercaya bisa membuat daging menjadi lebih empuk dan menghilangkan bau. Bahan-bahan yang digunakan ini pun merupakan bahan alami yang mudah didapat. Misalnya nanas dan daun pepaya.

Cara membuatnya pun mudah. Penasaran ingin mencobanya? Berikut beberapa bahan yang dapat membuat daging menjadi lebih empuk seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Nanas

Sudah sejak dulu nanas digunakan untuk mengempukkan daging. Caranya, parut atau haluskan nanas hingga lembut. Lumuri daging dengan nanas kurang lebih 10-30 menit. Enzin bromelin pada nanas dapat membuat daging menjadi lebih empuk.

2. Daun pepaya

Enzim papain pada daun pepaya dapat memecah protein dan melunakkan serat daging. Caranya remas daun pepaya hingga keluar getahnya. Bungkus daging dengan daun pepaya dan diamkan sekitar 10 menit lalu daging bisa diolah.

3. Lemon

Peras lemon secukupnya. Baluri daging dengan air lemon dan simpan daging selama beberapa jam di dalam kulkas. Cara ini juga bisa membuat daging menjadi lebih segar berkat aroma dari lemon.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8670 seconds (0.1#10.140)