Tips Hilangkan Bau Prengus pada Daging

Rabu, 22 Agustus 2018 - 16:30 WIB
Tips Hilangkan Bau Prengus pada Daging
Tips Hilangkan Bau Prengus pada Daging
A A A
JAKARTA - Mengolah daging merah dibutuhkan teknik yang tepat agar daging tak hanya menjadi empuk, juga tidak bau prengus yang menyengat. Memang tidak melakukannya dan tak semua orang paham dengan cara melakukannya. Bahkan, salah-salah justru dapat membuat hidangan daging menjadi tidak nikmat.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut cara mudah menghilangkan bau prengus pada daging seperti dilansir Livestrong.

1. Marinasi

Rendam daging kambing di dalam air bersih selama 30 menit untuk membuka pori-pori daging. Berikan garam secara merata pada dua sisi daging dan diamkan selama satu jam. Bilas daging hingga bersih.

Selain dilumuri garam, bau prengus juga dapat dihilangkan dengan cara rendam daging dengan campuran air, garam dan cuka selama beberapa menit. Cuci daging sebelum memasaknya.

Alternatif lainnya adalah rendam daging dalam susu selama beberapa jam atau semalam. Selain menghilang bau pregus, cara ini juga akan menarik sebagian darah yang membuat daging menjadi bau. Selanjutnya bersihkan daging.

2. Memotong daging dengan tepat

Perhatikan cara memotong daging. Potong daging searah dengan serat daging. Sebab, salah memotong, dapat membuat daging menjadi bau tak sedap.

3. Berikan rempah-rempah

Memberikan rempah-rempah juga dapat membantu menghilangkan bau prengus pada daging. Beberapa rempah-rempah yang dapat digunakan seperti kayu manis, jahe, cengkih, rosemary, lada hitam dan bawang putih.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9436 seconds (0.1#10.140)