Lensa Kacamata Pelindung Mata dari Radiasi Ultraviolet

Jum'at, 21 September 2018 - 15:50 WIB
Lensa Kacamata Pelindung Mata dari Radiasi Ultraviolet
Lensa Kacamata Pelindung Mata dari Radiasi Ultraviolet
A A A
Melindungi kesehatan mata dari radiasi sinar ultraviolet (UV) bersifat esensial untuk kesehatan penglihatan. Untuk itulah, ZEISS menghadirkan ZEISS UV Protect Clear Lenses yang menawarkan perlindungan seutuhnya dari sinar UV yang memiliki panjang gelombang 400 nm atau yang biasa kita kenal dengan UV400.

Banyak pengguna kacamata memahami bahwa radiasi sinar UV dapat merusak mata. Namun, sering terjadi tidak ada tindakan pencegahan yang dilakukan untuk melindungi penglihatan mereka. Ada banyak alasan terjadinya pembiaran ini, karena banyak orang berpikir bahwa perlindungan dari sinar UV hanya dibutuhkan saat matahari bersinar sangat kuat dan bahkan mereka yang sudah memiliki sunglasses atau kacamata hitam tidak pernah memakainya. Padahal faktanya, sinar UV selalu ada setiap waktu, sepanjang hari, bahkan ketika cuaca mendung.

ZEISS memutuskan mengambil satu langkah ke depan demi perlindungan kesehatan mata pengguna dengan menghadirkan ZEISS UV Protect Clear Lenses. Seluruh lensa kacamata ZEISS baik yang bening maupun berwarna akan mengalami penyamaan standar dalam kemampuan perlindungan sinar UV. Sehingga pengguna kacamata ZEISS UV Protect Clear Lenses akan terlindungi dari sinar UV yang sama kuatnya dengan perlindungan oleh kacamata hitam UV400.

Ven Raman, Managing Director South East Asia - Carl Zeiss Pte.Ltd mengemukakan, perlindungan sinar UV sangatlah penting bagi kesehatan penglihatan. ZEISS, lanjut dia, kini meningkatkan standar jangkauan UV Protection hingga mencakup 400 nm. Sebagai produsen lensa, hal ini menjadi tugas ZEISS untuk aktif mengedukasi pengguna kacamata mengenai proteksi sinar UV dan hubungannya dengan kesehatan mata.

Kata Ven, sangat penting untuk menjelaskan bahwa radiasi sinar UV ada setiap saat, tidak hanya saat matahari bersinar terik, namun sepanjang waktu dan sepanjang hari bahkan ketika mendung. Warna lensa sama sekali tidak ada hubungannya dengan kemampuan perlindungan sinar UV, karena yang terpenting adalah bahwa radiasi sinar UV terserap oleh material lensa.

“Kita harus membangun perhatian yang lebih besar pada fakta bahwa cahaya matahari dan pantulannya dapat merusak mata dan perlindungan dari sinar UV adalah penting bagi semua orang,” sebutnya.

Alexander F Kurniawan, Chairman PT Optik Tunggal Sempurna sebagai pemegang lisensi resmi ZEISS di Indonesia menyampaikan, sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang optik dan alat kesehatan mata, pihaknya menyambut antusias kehadiran ZEISS UV Protect Clear Lenses. Pengalaman selama 89 tahun di bidang optikal di Indonesia, terang dia, banyak mendapati permasalahan mata yang terjadi salah satunya karena paparan sinar UV yang tinggi sehingga terjadi gangguan pada kesehatan mata misalnya katarak. Terlebih Indonesia negara tropis, maka perlindungan dari radiasi sinar UV mutlak diperlukan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Standar industri optik terkini masih mendefinisikan panjang gelombang hingga 380 nm sebagai batas tertinggi yang ada pada lensa kacamata. Ini berarti hingga sekarang kebanyakan lensa masih belum melindungi mata sepenuhnya dari radiasi sinar UV, di mana panjang gelombang 400 nm masih dapat menjangkau mata dan berisiko bagi kesehatan mata. Efek radiasi sinar UV dapat merusak lensa mata dan mempercepat penuaan pada kulit sekitar mata atau bahkan dapat memicu kanker kulit pada kelopak mata. Inilah kenapa full UV protection sangatlah penting.

Ven menambahkan, perlindungan mata menggunakan kacamata sangat disarankan untuk mencegah kerusakan akibat sinar UV, terutama ketika beraktivitas di bawah cahaya matahari jangka panjang. Lensa kacamata akan berfungsi seperti sunblock yang memblokir sinar matahari agar tidak langsung mengenai mata. Pengguna, ujar dia, harus memilih dengan tepat lensa kacamata yang efektif melindungi mata serta memiliki lapisan antiUV.

Perlu diperhatikan lagi bahwa proteksi terhadap sinar UV bukanlah pada warna dari lensa, melainkan hasil teknologi spesial dalam materi lensa plastik yang dapat menyerap keseluruhan spektrum sinar UV yang relevan tanpa membatasi pandangan pengguna kacamata.

Secara serentak seluruh lensa ZEISS akan disamakan standarnya menggunakan ZEISS UV Protect Clear Lenses pada seluruh jaringan Optik Tunggal dan ZEISS Vision Center yang tersebar di seluruh Indonesia. Lensa ini juga akan tersedia pada Optik Tunggal Next Generations yang menjangkau pengguna usia muda atau anak-anak, karena mereka juga membutuhkan perlindungan dari sinar matahari sejak dini. Optik Tunggal akan memberikan garansi unlimited, seperti baret atau pecah, dalam jangka waktu satu tahun.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5271 seconds (0.1#10.140)