Soto Mastarwan, Soto Kekinian yang Bikin Penasaran di Bandung

Kamis, 18 Oktober 2018 - 10:30 WIB
Soto Mastarwan, Soto Kekinian yang Bikin Penasaran di Bandung
Soto Mastarwan, Soto Kekinian yang Bikin Penasaran di Bandung
A A A
BANDUNG - Bagi para pecinta kuliner, menyantap berbagai jenis soto khas dari berbagai daerah di Indonesia mungkin sudah biasa. Tapi, soto yang satu ini, sedikit berbeda. Bila biasanya soto hanya berisi irisan daging sapi atau ayam dengan sayuran dan kuah, maka di tangan Tarwan, soto jadi lain.

Melalui brandnya Dapoernya Soto Mastarwan, sang pemilik bernama Tarwan ini, mempertaruhkan keahliannya memasak soto pada berbagai olahan kreatif. Mulai dari menu soto biasa, soto unik dan langka, hingga soto kekinian. Untuk soto biasa, dia menawarkan menu khas soto betawi daging, soto betawi jeroan, soto betawi ayam, dan lainnya.

Untuk menu unik dan langka, Dapoernya Soto menyuguhkan soto rica, soto oseng, hingga soto jeletot. Sementara untuk soto kekinian, pengunjung bisa menemukan tongseng, soto taichan hingga soto geprek krispy. Penasaran?

“Soto taichan misalnya, dibuat khusus menggunakan ayam dengan tak meninggalkan rasa khas sate, namun dipadukan dengan kuah soto tanpa santan,” kata Tarwan di Dapoernya Soto, Jalan Jalan Windu No 15, Kota Bandung.

Dia pun menekankan perbedaan olahan soto miliknya dengan soto di tempat lain. Selain hadirnya rempah-rempah yang lebih kental, olahan soto di Dapoernya Soto, juga dikemas sedemikian rupa tanpa menggunakan santan. Penggantinya, Tarwan menggunakan susu.

"Soto kami juga dikenal sebagai soto sehat. Ini karena kami tidak menggunakan santan di setiap olahan soto jenis apapun," katanya. Soto tanpa santan juga aman dikonsumsi bagi mereka yang memiliki masalah pencernaan.

Menurut Tawran, Dapoernya Soto Mastarwan juga dikenal memiliki olahan menu umum. Sebut saja aneka olahan ikan seperti ikan bakar dan goreng, pecel lele, pepes peda, aneka tongseng

"Itu yang menjadi pembeda kami, selain di soto, kami juga memiliki pembeda di sate. Untuk menu-menu pendukung kami menyediakannya juga seperti aneka sup, aneka minuman dan menu-menu tambahan lain," katanya.

Menurut dia, berbagai kreasi soto hasil olahannya, tak begitu saja dibuat dalam waktu dekat. Tarwan telah menggeluti masakan soto sejak bekerja di hotel. Kemudian dia mengembangkan bisnis soto sejak 2004 lalu.

Soto Mastarwan dikenal luas sebagai soto Mas Abdul. Soto ini biasa mangkal di Taman Pers, atau yang ada ‎di Jalan Cendana 11 dan sempat hadir di Click Square. Kini dia mantap mengusung brand baru Dapoernya Soto untuk memperluas pasar dan berniat membuat franchise.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6766 seconds (0.1#10.140)