JFW Bangkitkan Nostalgia Mickey Mouse lewat Koleksi Fashion

Rabu, 24 Oktober 2018 - 09:28 WIB
JFW Bangkitkan Nostalgia Mickey Mouse lewat Koleksi Fashion
JFW Bangkitkan Nostalgia Mickey Mouse lewat Koleksi Fashion
A A A
TOKOH kartun menjadi memori yang menyenangkan pada masa kanak-kanak. Sejumlah brand fashion menghadirkan kembali memori tersebut dalam desain busana yang inovatif sehingga membawa nostalgia masa kecil.

Dalam rangka merayakan 90 tahun anniversary tokoh kartun tikus ikonik, Mickey Mouse, Disney membuat persembahan menarik dengan menampilkan berbagai macam koleksi terbarunya bertema Disney’s Mickey Mouse The True Original di Jakarta Fashion Week (JFW) 2019.

Pada hari ketiga JFW 2019, Disney Mickey Mouse: The True Original bekerja sama dengan lima label lini fashion Indonesia. Label fashion yang menunjukkan koleksi kolaborasinya malam itu yakni Matahari, Pop.u, SUQMA, UBS Gold, dan IKAT Indonesia.

Para model pun tampil menarik dengan berbagi inovasi busana streetwear dengan motif karakter kartun yang lahir pada 18 November 1928 tersebut. Penggabungan aransemen dari lagu-lagu kartun Disney pun semakin menambah suasana nostalgia masa kecil.

Country Head Disney Indonesia Herry Salim menyebut, Mickey Mouse sebagai karakter kartun yang menyenangkan dan selalu membawa keceriaan bagi siapa pun yang melihatnya.

Dia menyadari bahwa para penggemar Mickey tidak hanya dari kalangan anak-anak, tetapi juga orangorang yang pernah terhibur oleh Mickey pada masa kecil. “Mickey Mouse kerap menjadi inspirasi dunia seni dan fashion yang menghadirkan koleksi produk untuk remaja hingga dewasa,” ujar Herry di Senayan City, Jakarta, Selasa (22/10).

Salah satu label yang menampilkan busana hasil kolaborasi malam itu adalah IKAT Indonesia yang dirancang Didiet Maulana. Tidak tanggung-tanggung, Didiet bahkan melakukan riset yang komprehensif dalam koleksi kolaborasi yang menampilkan 12look ini.

Dia dan timnya menyiapkan riset terlebih dulu tentang apa yang ingin ditampilkan sehingga mampu menampilkan ciri khas tenun Indonesia sekaligus motif Mickey Mouse yang ikonik. “Di luar negeri, Disney telah bekerja sama dengan brand besar, seperti Gucci.

Jadi, kami seperti membawa nama negara. Kami serius saat mengerjakan riset,” tutur Didiet. Di peragaan tersebut, Didiet menampilkan busana streetwear, seperti sepatu, scarf, aksesori, jaket bomber, sweter, jogger pants, sling bag, serta boneka.

Pakaian tersebut ditampilkan dalam dominasi warna natural, seperti navy, krem, merah, dan earth color. “Konsep busana ini mengakomodasi orang-orang dan generasi muda yang menyukai Disney dan orang-orang yang pernah tumbuh dan besar bersama Disney,” kata Didiet.

Herry menambahkan, koleksi khusus Mickey Mousse’s 90íth Anniversary tidak hanya dihadirkan Matahari, JD.ID, UBS Gold, Danone, Unicharm, Eskiulin, Technoplast, Sogo, Alfamart, tetapi juga brand internasional, seperti Zara, Vans, Uniqlo, Stradivarius Cotton On, Pandora.

Sementara itu, menurut Fashion Editor complex.com Jarrel Chalmers, kolaborasi antara label fashion dan karakter kartun semakin banyak selama 10 tahun terakhir. Koleksi yang dihadirkan biasanya koleksi busana streetwear, tas, atau sepatu.

“Koleksi kolaborasi ini menghadirkan nuansa nostalgia masa kanak-kanak bagi orang dewasa,” ujar Chalmers, dilansir complex.com. Disney menjadi perusahaan yang cukup sering berkolaborasi dengan brand fashion ternama.

Pada 2012, Direktur Kreatif Lanvin Alber Elbaz merancang gaun couture hanya untuk Minnie Mouse. Tahun berikutnya, label sepatu Vans menghadirkan koleksi sepatu dengan desain Mickey Mouse. Karakter Mickey, si tikus energik, juga tampil dalam desain koleksi tas sling bag Coach pada 2017.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7176 seconds (0.1#10.140)