Sepuluh Aneka Es Nusantara Menyegarkan

Kamis, 25 Oktober 2018 - 15:17 WIB
Sepuluh Aneka Es Nusantara Menyegarkan
Sepuluh Aneka Es Nusantara Menyegarkan
A A A
Indonesia terkenal sebagai negara tropis dengan kelembaban tinggi yang sering membuat orang mudah haus dan berkeringat. Tak heran, mengonsumsi es menjadi salah satu kebiasaan masyarakat. Minum es bisa memberikan kenikmatan tersendiri dan menghasilkan efek menyegarkan. Indonesia memiliki beragam olahan es dari seluruh daerah di Tanah Air. Berikut di antaranya menurut survei Litbang KORAN SINDO.

ES CENDOL

Minuman tradisional ini bisa dijumpai dari mulai pedagang kaki lima hingga ke restoran mewah. Es Cendol yang berasal dari Bandung ini terbuat dari tepung hunkwe yang diberi pewarna makanan berwarna hijau. Biasa disajikan dengan santan dan gula merah.

ES DOGER

Doger merupakan singkatan dari dorong gerobak. Dalam satu gelas es doger, penikmat es asal Cirebon ini bisa menemukan es yang dicampur dengan tape, ketan hitam, susu kental manis, sirup, dan roti. Cocok disantap saat panas terik.

ES DAWET

Es dawet terbuat dari tepung beras atau tepung beras ketan. Hijaunya dawet berasal dari daun suji. Cara penyajiannya mirip dengan es cendol yaitu menggunakan gula merah dan santan

ES PISANG IJO

Kuliner ini merupakan salah satu primadona dari Makassar, Sulawesi Selatan. Es pisang ijo menggunakan pisang kukus yang dibalut kulit dadar berwarna hijau. Minuman menyegarkan ini disajikan dengan es parut, kuah kental yang berasal dari santan, dan topping sirup berwarna merah.

ES TELER
Di dalam satu penyajian es teler, para penikmat es ini akan menemukan es serut yang dicampur dengan nangka, kelapa, alpukat, dan kemudian disiram dengan susu kental manis dan sirup. Seperti namanya, es ini mampu membuat ‘teler’ siapapun yang mengonsumsinya.

ES CAMPUR

Seperti namanya, es ini terdiri dari banyak komponen yang dicampur-campur. Di antaranya buah nangka, alpukat, nanas, kelapa muda, rumput laut, kolang-kaling, cincau, es serut, sirup dan masih banyak lagi. Beberapa daerah di Indonesia juga memiliki es campur khas yang disesuaikan dengan kondisi dan selera daerahnya masing-masing.

ES SELENDANG MAYANG

Es selendang mayang merupakan minuman asal Betawi yang terbuat dari adonan kue seperti agar-agar dan terdiri dari beberapa macam warna seperti merah, hijau dan putih. Resep membuat es selendang mayang ini merupakan resep turun temurun dari leluhur para penjualnya.

ES PODENG

Es podeng merupakan nama lain dari es puter. Sebagai sajian pencuci mulut, es ini banyak digemari masyarakat. Isian dari es podeng ini adalah agar-agar, roti, kacang tanah yang digoreng dan susu kental manis yang dituangkan di atasnya. Es podeng ini juga bisa disajikan dengan durian.

ES KACANG MERAH

Kacang merah bukan saja bisa diolah menjadi sayuran, namun juga diolah menjadi menu camilan dengan cita rasa manis. Salah satunya adalah es kacang merah. Sajian yang berasal dari Palembang, Sumatera Selatan ini banyak digandrungi karena rasanya lezat. Biasa disajikan dengan es serut dan sirup merah.

ES GOYOBOD

Minuman menyegarkan dari Garut ini menjadi salah satu kuliner yang wajib dicoba. Es ini berisikan kuah gula, susu, alpukat, kelapa muda, susu dan es serut. Es Goyobod juga bisa disajikan dengnan santan.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1652 seconds (0.1#10.140)
pixels