Bosan Makan Nasi? Yuk, Coba Buat Bakso Iga untuk Menu Siang Ini

Senin, 19 November 2018 - 11:34 WIB
Bosan Makan Nasi? Yuk, Coba Buat Bakso Iga untuk Menu Siang Ini
Bosan Makan Nasi? Yuk, Coba Buat Bakso Iga untuk Menu Siang Ini
A A A
JAKARTA - Membeli bakso di pasar memang praktis. Namun, kebersihannya belum tentu terjamin. Dibandingkan membeli, lebih baik membuat sendiri di rumah. Kudapan yang satu ini juga bisa menjadi pengganti nasi, utamanya mereka yang sedang tak ingin makan nasi.

Tak perlu khawatir repot atau sulit mencari. Pasalnya Anda bisa membuatrnya sendiri di rumah. Selain terasa lebih nikmat, bersih, juga akan terasa spesial. Nah, berikut resep membuat Bakso Iga untuk makan siang seperti dikutip Tastemade.

Bahan-bahan:
850 g daging iga sapi giling
1 sdm bawang merah goreng
1 sdm bawang putih goreng
1 sdt baking powder
1 ½ sdt garam
1 sdt gula
1 sdt lada
4 sdm tepung sagu
1 btr putih telur
2 buah es batu

Kuah bakso:
1 kg iga sapi
1,5 L air
3 siung bawang putih, cincang halus
1,5 sdm garam
1 sdt lada
1 sdm gula
1 batang seledri
2 sdm bawang merah goreng

Bahan pelengkap:
Bihun
Mie telur
Sawi
Tauge
Seledri

Cara membuat:
Masukkan daging iga sapi giling ke dalam food prosessor, masukkan bawang putih goreng, bawang merah goreng, baking powder, garam, gula, lada, putih telur dan tepung sagu, lalu giling sampai halus. Masukkan es batu secukupnya, kemudian haluskan kembali sampai benar-benar rata dan halus, sisihkan.

Siapkan panci yang agak besar, kemudian tuangkan air, kemudian masukkan iga sapi, seledri, bawang merah goreng dan bawang putih cincang kemudian didihkan, dengan api kecil agar mendapat saripati dari iga sapi. Masak hingga daging iga sapi empuk. kemudian buat bulatan dengan sendok atau dengan tangan, kemudian rebus hingga bakso mengambang.

Masukkan garam, gula dan lada. Aduk rata. Kecilkan api. Siapkan mangkuk, kemudian susun mie, bihun, sawi hijau, dan tauge, masukkan baso sesuai selera dan iga sapi di dalam mangkuk. Beri taburan seledri, dan bawang goreng. Sajikan dengan sambal dan kecap. Bakso iga siap disajikan.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4552 seconds (0.1#10.140)