Kuliner Pindang Gunung Pangandaran Masuk MURI

Senin, 26 November 2018 - 17:46 WIB
Kuliner Pindang Gunung Pangandaran Masuk MURI
Kuliner Pindang Gunung Pangandaran Masuk MURI
A A A
PANGANDARAN - Promosi kuliner Pindang Gunung Pangandaran berhasil masuk Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) ke 8.755 pada akhir pekan lalu.

Koki kuliner Pindang Gunung sekaligus Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kecamatan/Kabupaten Pangandaran Enci Sarsih kemudian menyerahkan MURI kepada Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) UNPAD.

Prestasi itu membuat Enci merasa bangga karena upaya promisi dan ketekunannya dalam mempopulerkan kuliner Pindang Gunung Pangandaran telah membuahkan hasil, yakni meriah MURI.

"Modal dasar sajian kuliner khas Pangandaran, Pindang Gunung yang meraih MURI hanya bermodal dasar Rp2,5 juta," kata Enci, Sabtu, (24/11/2018).

Awalnya Enci bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan organisasi pariwisata dunia (UNWTO) untuk mempromosikan masakan Pindang Gunung.

"Pada masakan Pindang Gunung, ada rasa yang khas, yaitu rasa asam dan pedas alami dari buah honje," ujar dia.

Bahan baku dasar untuk masakan Pindang Gunung dengan menggunakan ikan yang segar dan fresh. Makanan ini juga dibuat dengan bumbu khas, seperti jahe, kunyit, bawang putih, cabe rawit, terasi dan penyedap honje, juga ikan tongkol dan kakap segar.

"Dari 2,5 kwintal ikan 50 kilogram ikan segar 1 kilogramnya bisa menjadi 10 porsi," paparnya.

Tak heran jika masakan Pindang Gunung yang dibuat Enci kerap disukai, utamanya pada acara-acara bergengsi. Bahkan, Enci pun pernah menjadi koki Pindang Gunung pada acara HSBC yang diikuti oleh 16 negara.

"Koki yang memasak Pindang Gunung saat meraih MURI melibatkan 5 orang kader PKK di setiap Kecamatan dari 10 Kecamatan se-Kabupaten Pangandaran," jelas Enci.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5475 seconds (0.1#10.140)