Lima Keuntungan Sistem Pembayaran Digital

Selasa, 27 November 2018 - 20:07 WIB
Lima Keuntungan Sistem Pembayaran Digital
Lima Keuntungan Sistem Pembayaran Digital
A A A
Tren digitalisasi yang menjadi tulang punggung industri 4.0 kini mulai merambah ke berbagai sektor kehidupan, termasuk dunia perbankan yang identik dengan nilai-nilai konservatifnya.

Saat ini orang bisa melakukan transaksi pembayaran dengan metode sms, internet/mobile banking, hingga dompet digital. Menariknya lagi, fitur pembayaran digital ini tak hanya dikuasai oleh sektor perbankan.

Para pelaku industri di luar perbankan mulai mengembangkan produk yang memungkinkan penggunanya untuk turut menikmati fitur pembayaran digital yang mudah dilakukan. Berikut ini adalah berbagai keuntungan pembayaran digital yang bisa dirasakan oleh masyarakat luas.

1. Mudah dan praktis

Mudah dan praktis menjadi kata kunci yang paling sakti dari kesuksesan sistem pembayaran digital ini. Sistem yang diterapkan membuat proses pembayaran menjadi lebih singkat.

Misalnya, Anda tak perlu lagi pergi ke ATM untuk melakukan pembayaran saat melakukan transaksi online. Selain itu, pengguna juga bisa hanya menggunakan satu kartu saja yang digunakan tanpa harus menghitung jumlah uang kertas yang akan dikeluarkan untuk membayar.

2. Keamanan yang bisa diandalkan


Pada awalnya sistem pembayaran digital mungkin banyak yang menyangsikan faktor keamanannya. Namun, seiring berjalannya waktu sistem keamanan untuk pembayaran digital ini pun dikembangkan. Saat ini pemerintah telah meluncurkan gerbang pembayaran nasional (GPN) yang membuat semua data transaksi diproses di dalam negeri.

Selain GPN, saat ini juga telah ada sertifikasi Secure Socket Layer (SSL) yang bisa membantu menyembunyikan data pribadi para pengguna e-commerce dari pihak tak bertanggung jawab yang mencoba mencuri data dari setiap transaksi yang dilakukan.

3. Transaksi yang cepat


Sistem pembayaran digital yang sudah dikembangkan saat ini telah menerapkan teknologi real-time. Artinya, transaksi dapat dilakukan dengan cepat dan proses pemindahan uang dapat langsung diterima oleh pihak penerima dalam waktu yang singkat.

Hal ini dapat menguntungkan para pengguna saat ingin membayar tagihan yang telah mendekati waktu jatuh tempo. Selain itu, juga dapat membantu para pengusaha online untuk menjaga perputaran uangnya agar lebih stabil.

4. Lebih nyaman

Selain lebih cepat, sistem pembayaran digital juga menawarkan kenyamanan bagi para pengguna saat melakukan pembayaran. Pengguna dapat melakukan transaksi hanya dengan menggunakan smartphone tanpa harus pergi ke mana-mana.

Dengan fitur virtual account bahkan pengguna tak perlu membayar lebih untuk kode transaksi sehingga jumlah yang dibayarkan dapat sesuai dengan harga barang/jasa yang dibeli.

5. Layanan yang beragam

Sistem pembayaran digital saat ini telah memiliki berbagai macam layanan. Selain virtual account, variasi digital payment antara lain adalah uang elektronik, mobil banking, dompet digital, hingga layanan kredit online. Khusus layanan kredit online ini sangat memudahkan pengguna untuk mengajukan kredit tanpa proses yang rumit dan memakan waktu yang lama.

Salah satu layanan yang bisa digunakan adalah fitur kredit online Traveloka PayLater . Fitur ini memungkinkan para pengguna untuk membeli tiket sekarang juga dan melakukan pembayaran dengan proses cicilan.

Cara mengajukannya pun sangat mudah karena cukup mengisi data pribadi dan siapkan dokumen pendukung. Setelah itu proses verifikasi hanya dilakukan dalam waktu maksimal satu jam saja. Semua ini dilakukan dengan cara online tanpa harus bertatap muka dengan operatornya.

Kemudahan sistem pembayaran digital saat ini lahir untuk menjawab kebutuhan manusia yang ingin serba cepat dan nyaman dalam melakukan kebutuhan transaksinya sehari-hari. Jadi, tunggu apalagi rasakan teknologi yang semakin memudahkan segala macam urusan dalam kehidupan Anda.
(akn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6717 seconds (0.1#10.140)