Asyiknya Ngopi sambil Bertualang

Selasa, 04 Desember 2018 - 12:17 WIB
Asyiknya Ngopi sambil Bertualang
Asyiknya Ngopi sambil Bertualang
A A A
BOGOR - Menikmati makanan dan minuman dengan alunan musik mungkin sudah biasa ditemui di banyak tempat di Kota Bogor.

Namun, kongkow sambil ngopi dan ngemil dengan suasana layaknya sedang bertualang belum ada di kota hujan. Atas dasar itulah Ahmad Hidayat, 28, owner Cafe Savana Camp menawarkan konsep baru sebuah ‘warung kopi’ di Kota Bogor yang bukan hanya bernuansa petualang, tapi menu dan layanannya juga disesuaikan dengan nama tempat usahanya.

“Jadi, pendirian kafe ini terinspirasi saat saya naik Gunung Rinjani sebanyak dua kali bersama istri. Di sana kita makan dan ngemil dengan menu khas adventure, saya terpikir bagus juga kalau dibuat usaha kuliner di Kota Bogor dengan tema petualang,” Kata Daday, panggilan akrab Achmad Hidayat, saat ditemui di Cafe Savana Camp di Jalan Dr Semeru Nomor 96, Kelurahan Mentang, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, kemarin.

Dia menuturkan, meski niat mulai membuka bisnis kuliner di Kota Bogor itu terbesit saat naik Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada 2015 lalu, tapi pemuda kelahiran Banten ini baru merealisasikannya pada 11 Juni 2017.

“Alasannya, baru mau memulai tahun ini karena masih mengkaji soal cashflow bisnis kuliner yang disesuaikan dengan hobi sekaligus butuh waktu untuk mengumpulkan modalnya,” katanya.

Ia menjelaskan, Cafe Savana Camp ini sengaja diambil dari nama anaknya yang juga terinspirasi dari hasil petualangannya ke Gunung Rinjani. “Kebetulan anak saya namanya Savana, jadi saat bikin kafe tidak sulit memberi nama, saya namakan Savana Camp saja,” katanya.

Ia menjelaskan, kafe yang terletak sekitar 8 kilometer dari pusat Kota Bogor itu sengaja dibuat bernuansa petualang sekaligus sebagai ajang tempat berkumpulnya para pegiat alam, aktivis, dan public sphere (tempat diskusi).

“Makanya, ruangannya kita tata menyesuaikan dengan konsep public sphere yang juga bisa menampung para pegiat alam dan pergerakan mahasiswa dalam jumlah puluhan,” ujarnya. Ia memaparkan, seperti kafe bertema lainnya, di sini pengunjung dapat menikmati menu-menu bernuansa petualang.

Bahkan, terkait harga yang ditawarkan untuk setiap menunya pun low budget dan beragam. “Yang jelas konsep dari kafe ini identik dengan petualang sejati yang menyukai alam bebas. Savana Camp buka setiap hari mulai dari pukul 11.00 sampai dengan 00.00 WIB,” tuturnya.

Menu khas yang disuguhkan kepada pengunjung cukup unik disesuaikan dengan istilah alam bebas, seperti Mie Kawah, Kopi Hujan dan Nasi Goreng Rinjani.

“Saya berharap hadirnya Savana Camp ini selain sebagai ajang mengaktualisasikan diri sebagai pehobi petualangan alam bebas yang rindu suasana camping, juga dapat dijadikan ruang alternatif bagi para pegiat sosial, aktivis pergerakan, dan pecinta alam dalam berkumpul atau semacam public sphere di Kota Bogor,” katanya. (Haryudi)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1694 seconds (0.1#10.140)