Teknik Memasak Cumi Rica Bakar untuk Makan Siang

Jum'at, 21 Desember 2018 - 12:08 WIB
Teknik Memasak Cumi Rica Bakar untuk Makan Siang
Teknik Memasak Cumi Rica Bakar untuk Makan Siang
A A A
JAKARTA - Dibandingkan ikan, cumi merupakan seafood yang mudah diolah. Dengan teknik memasak yang tepat, cumi bisa menjadi masakan super lezat, nikmat dan menggugah selera.

Untuk mengkreasikannya, Anda bisa membuat Cumi Rica Bakar. Makanan ini memiliki cita rasa yang pedas berkat sambal rica-rica. Cara membuatnya yang mudah membuat makanan ini bisa menjadi pilihan tepat saat makan siang. Berikut resep membuat Cumi Rica Bakar untuk makan siang seperti dikutip akun Instagram @masaktv.

Bahan-bahan:
250 g cumi
2 buah cabai merah keriting
7 buah cabai rawit
3 sdm udara perasan lemon
2 btg daun bawang
1 ikat daun kemangi
Garam
Lada
Gula

Bumbu rica:
3 siung bawang putih
8 buah bawang merah
15 buah cabai rawit
2 btr kemiri
2 ruas jahe
1 btg sereh
4 lbr daun jeruk
Minyak
Garam
Gula
Lada

Cara membuat:

Siapkan wadah untuk proses marinasi cumi. Potong separuh jeruk limun kuning, lalu peras airnya ke dalam cumi. Potong-potong cabai merah besar dan daun dengan ukuran besar. Siapkan penggorengan, isi minyak goreng lalu panaskan.

Setelah mulai panas, masukkan cabai merah besar sudah dipotong dan cabai rawit. Masukkan cumi, sambil terus diaduk-aduk. Tambahkan sambal rica-rica bakar dan masak beberapa saat sampai semua bahan teraduk merata. Tambahkan daun kemangi.

Bumbui dengan garam, lada dan gula sesua selera. Aduk rata sampai bumbu tercampur merata. Cumi rica bakar siap disajikan.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4458 seconds (0.1#10.140)