Cara Membuat Bakso Goreng (Basreng) ala Rumahan

Sabtu, 19 Januari 2019 - 10:02 WIB
Cara Membuat Bakso Goreng (Basreng) ala Rumahan
Cara Membuat Bakso Goreng (Basreng) ala Rumahan
A A A
JAKARTA - Bakso Goreng atau dikenal dengan basreng menjadi makanan yang cukup digemari belakangan ini. Bagi mereka yang khawatir akan kebersihan dari makanan yang satu ini, ada baiknya membuat sendiri di rumah sehingga kebersihan dan kesehatan makanan terjamin.

Untuk membuatnya, Rudy Choirudin berbagi resep dalam program Rasasayange yang ditayangkan MNCTV setiap Sabtu, pukul 08.00 WIB dan program Rudy dan Sahabat yang ditayangkan RCTI setiap Minggu pukul 08.00 WIB. Berikut cara mengolahnya.

Bahan 1:
300 g ayam cincang
50 g udang cincang
1 sdm daun brambang, rajang halus

Bahan 2:(haluskan)
7 siung bawang putih
1 sdt Ladaku Merica Bubuk
¼ sdt Desaku Kunyit Bubuk
2 sdt sdt garam

Bahan 3:
150 – 175 g air sesuai kadar kekeringan tepung
350 g tepung sagu/kanji/tapioka
750 ml minyak goreng
Saus cabe dan saus tomat secukupnya

Cara membuat:
Campur bahan 1 dan bahan 2 dengan setengah dari jumlah air yang digunakan, ratakan dengan tangan hingga terasa membal dan halus. Masukkan ¼ bagian sisa air, aduk dengan ujung tangan hingga adonan terasa ringan.

Masukkan ¼ tepung sagu yang digunakan, aduk dengan ujung tangan (tidak boleh di adoni). Masukkan sisa air secara perlahan, lalu adoni lagi hingga terasa ringan di tangan. Lakukan terus menerus hingga air dan tepung habis.

Panaskan minyak hingga cukup panasnya. Bulatkan dengan tangan seperti membuat bakso, lalu goreng. Lakukan dengan cepat hingga wajan untuk mengoreng terisi cukup penuh dengan bakso. Aduk dan goreng hingga kuning keemasan.

Angkat dan tiriskan, tusuk dengan tusuk sate 2 atau 3 basreng (atau bisa disajikan tanpa ditusuk). Sajikan dengan saus cabe dan saus tomat. Selamat menikmati!
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7041 seconds (0.1#10.140)