Para Ibu Hendaknya Hati-Hati Ikuti Pola Asuh Anak Ala Influencer

Selasa, 05 Februari 2019 - 13:30 WIB
Para Ibu Hendaknya Hati-Hati Ikuti Pola Asuh Anak Ala Influencer
Para Ibu Hendaknya Hati-Hati Ikuti Pola Asuh Anak Ala Influencer
A A A
JAKARTA - Kehadiran influencer di media sosial kerap dijadikan panutan oleh banyak orang, termasuk para ibu millennial dalam urusan mengasuh anak. Kondisi ini didukung kebiasaan para ibu millennial yang akrab dengan teknologi dan kerap mencari berbagai informasi melalui media sosial.

Terkahit hal ini, psikolog anak dan keluarga, Dr. Rose Mini Agoes Salim, M.Psi mengingatkan para ibu untuk berhati-hati dalam menerapkan pola asuh anak. Pasalnya, tidak jarang yang dilakukan oleh para influencer justru keliru dan berbahaya bagi anak.

Selain itu, pola asuh yang dilakukan para influencer juga belum tentu cocok diterapkan ke si kecil. Oleh karena itu, psikolog yang akrab disapa Bunda Romy itu menyarankan para ibu millennial harus berhati-hati dalam mengikuti influencer.

"Jadi ciri khas orang millennial itu nggak lepas dari gadget. Jadi itu sebetulnya sesuatu yang luar biasa. Berarti informasi yang didapat orangtua luar biasa tapi harus hati-hati. Informasi di luar sana belum tentu cocok untuk anak kita. Nggak ada masalah kalo cocok. Kalo nggak cocok itu jangan diikuti," kata Bunda Romy.

"Pendekatan semua, kami di UI (Universitas Indonesia) bikin teori tapi pengaplikasiannya harus dimodifikasi sesuai dengan anak kita. Harus selektif dan perhatikan yang cocok dengan kita. Harus sesuai dengan yang diperuntukkan," tambahnya.

Tak hanya menerapkan pola asuh yang tepat untuk buah hati, Bunda Romy juga menyarankan para orangtua baik ibu atau ayah untuk terlibat langsung dalam mengasuh anak. Jangan biarkan pengasuhan anak dan tumbuh kembangnya diserahkan kepada orang lain seperti pengasuh lantaran perkembangan anak merupakan tanggung jawab orangtua sepenuhnya.

"Salah kita mengatur dia, mendidik dia, kita akan melihat itu terus ke depannya. Makanya jangan kita katakan, ‘Ya, udah, main sama si mbak’. Karena itu tanggung jawab kita," kata dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7686 seconds (0.1#10.140)