Resep Bikin Gule Bola Daging untuk Menu Spesial Keluarga

Kamis, 07 Februari 2019 - 16:58 WIB
Resep Bikin Gule Bola...
Resep Bikin Gule Bola Daging untuk Menu Spesial Keluarga
A A A
JAKARTA - Setelah seharian menjalani beragam aktivitas, maka hal yang paling nikmat adalah menyantap makan spesial bersama keluarga tercinta di rumah.

Tak perlu mengunjungi restoran mahal untuk menyantap menu istimewa, Anda hanya perlu ke dapur dean membuat Gule Bola Daging. Makanan ini menawarkan rasa yang kaya. Seperti dikutip akun Instagram @berbagiresep, berikut cara membuatnya.(Baca juga: Bunda, Ini Cara Membuat Olahan Jengkol Geprek Cabai Hijau ).

Bahan-bahan:
250 gr daging sapi giling
10 bawang merah, iris, goreng, haluskan
1,5 sdm kacang kenari, haluskan
1,5 sdm bumbu gule bubuk
2 kentang, potong-potong, goreng
2 tangkai daun kari
4 cabai hijau utuh
2 buah tomat, belah empat
Air secukupnya
Garam secukupnya
Gula secukupnya

Bumbu halus:
6 bawang putih
4 cabai merah besar
1 ruas jahe
1 sdt kunyit bubuk

Cara membuat:

Tumis bumbu halus sampai wangi. Masukkan bawang merah goreng yang sudah dihaluskan dan sedikit air. Tumis sampai bumbu matang. Masukkan bumbu gule bubuk, aduk-aduk dan masukkan kenari yang sudah dihaluskan, garam dan gula. Cek rasa. Beri air jika tumisan kering. Tumis sebentar lalu matikan api. Dinginkan bumbu tumisan.

Campur daging giling dengan 1/3 bumbu tumisan. Aduk rata. Buat bulatan bola-bola kecil sampai adonan daging habis. Campur air secukupnya dengan 2/3 tumisan bumbu. Masak sampai mendidih. Masukkan bola-bola daging. Masak sampai matang. Masukkan kentang, cabai hijau, tomat dan daun kari. Tambahkan garam dan gula. Cek rasa. Masak sampai bumbu meresap. Gule Bola Daging siap dihidangkan.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1103 seconds (0.1#10.140)