Bunda! Yuk, Buat Ayam Bakar Bumbu Padang Khas Nusantara

Selasa, 12 Februari 2019 - 17:11 WIB
Bunda! Yuk, Buat Ayam Bakar Bumbu Padang Khas Nusantara
Bunda! Yuk, Buat Ayam Bakar Bumbu Padang Khas Nusantara
A A A
JAKARTA - Olahan ayam memang selalu bisa menggoyang lidah. Apalagi, ayam merupakan bahan makanan yang paling praktis untuk dikreasikan menjadi berbagai hidangan lezat. Misalnya membuat Ayam Bakar Bumbu Padang yang kaya rempah khas Nusantara.

Makanan ini bisa menjadi pilihan tepat untuk bersantap hari ini. Cara membuatnya memang sedikit repot karena memakan waktu, tetapi hal itu terbayarkan dengan sensasi rasanya yang menggoda. Berikut resep membuat Ayam Bakar Bumbu Padang seperti dikutip dari akun Instagram @berbagiresep. (Baca juga: Cara Membuat Pesmol Ikan Nila untuk Pemula ).

Bahan-bahan:
1 ekor ayam, potong 10
1 buah jeruk nipis, ambil airnya
500 ml santan
2 serai, geprek
3 daun jeruk
1 sdt kaldu jamur
1 sdt garam
1/2 sdt pala bubuk
3 butir cengkih

Bumbu halus:
15 bawang merah
7 bawang putih
15 cabe kriting
5 kemiri
1 sdt ketumbar
1/4 sdt jinten
3 cm kunyit

Cara membuat:
Cuci bersih ayam. Tusuk-tusuk potongan ayam dengan garpu, agar bumbu meresap. Lalu lumurin daging ayam dengan air jeruk nipis dan garam diamkan 15 menit. Cuci bersih kembali.

Tumis bumbu halus sampai harum, masukan serai, daun jeruk, cengkih dan pala. Masukan ayam. Aduk rata sampai ayam terbalut bumbu. Lalu tuang santan, biarkan sampai mendidih. Masukkan garam, kaldu jamur masak sampai santan menyusut, koreksi rasa.

Diamkan ayam selama 1 jam. Bakar ayam diatas pan, sambil diolesin sisa bumbu. Angkat. Ayam bakar bumbu padang siap dihidangkan.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6260 seconds (0.1#10.140)