Kacey Musgraves Penulis Lagu Bersuara Merdu

Rabu, 13 Februari 2019 - 08:56 WIB
Kacey Musgraves Penulis Lagu Bersuara Merdu
Kacey Musgraves Penulis Lagu Bersuara Merdu
A A A
KACEY Musgraves tidak ingin orang hanya mengenalnya sebagai penulis lagu. Buat apa hanya mencipta lagu untuk penyanyi lain kalau dia juga memiliki suara indah.

Kacey Lee Musgraves lahir pada 21 Agustus 1988 di Golden, Texas. Dia membuat debut menyanyi pertamanya saat berusia 8 tahun. Setahun kemudian, dia ingat menulis lagu yang diberi judul Notice Me. Ya, sejak kecil Kacey sudah familier menulis lagu.

Dia bahkan mengasah kemampuannya itu dengan mempelajari beberapa alat musik seperti gitar, mandolin, bahkan harmonika. Sebelum menjadi penyanyi, Kacey lebih dulu dikenal sebagai penulis lagu yang andal. Beberapa musisi kenamaan, seperti Martina McBride, Miranda Lambert, Gretchen Wilson, dan Deana Carter, pernah dia buatkan lagu.

Lewat mencipta lagu untuk musisi lain itulah, dia memperoleh kesuksesan. Namun, Kacey tidak ingin selamanya tampil di belakang layar. Dia juga ingin masyarakat mengetahui bahwa dia tidak hanya cerdas dalam memproduksi lagu, tapi juga piawai menyanyikannya.

Lagi pula, lagu-lagu yang dia buat untuk penyanyi lain terbukti diterima pasar dengan baik. Sebut saja, lagu milik finalis Nashville Star yang menempati urutan ketiga, Miranda Lambert. Untuk si penyanyi pirang ini, Kacey menulis lagu Mama’s Broken Heart .

Lagu ini terdapat di album “Four the Record” Miranda. Kacey juga menulis lagu When You Love a Sinner yang ada di album “Eleven” milik penyanyi Martina McBride. Tidak hanya itu, Kacey juga diketahui menulis empat buah lagu untuk serial televisi Nashville yang tayang di ABC TV yang meliputi Undermine, Gonna Get Even, Crazy Tonight , dan You Can’t Stop Me .

Lewat tangan dinginnya, segenap lagu yang dia tulis menjadi hits dan mengantarkan penyanyinya menjadi lebih dikenal. Seniman musik country Amerika, Gretchen Wilson, membuktikannya.

Kacey menulis lagu Get Outta My Yard untuk albumnya “Right on Time”. Sementara untuk Brian Wilson, dia turut campur tangan di album “No Pier Pressure”, di mana dia juga menyumbangkan suaranya. Kacey bahkan merilis album Natal pada 28 Oktober 2016 melalui Mercury Nashville.

Secara keseluruhan, itu adalah album keenam Kacey, album studio ketiganya, dan album Natal pertamanya. Sebelum tampil di ajang kompetisi Nashville Star pada 2007, rupanya Kacey sudah lebih dulu merilis tiga album.

Di ajang pengarang bakat itu, Kacey hanya berada di posisi tujuh dan tidak keluar sebagai pemenang. Meski begitu, hal tersebut tidak menggoyahkan semangatnya untuk menjadi penyanyi country terkenal. Dia yakin suatu saat suara khasnya akan dicintai publik dan lagulagunya semakin banyak diminati masyarakat.

Kendati harus puas dengan posisi tujuh, harus diakui bahwa tampil di ajang Nashville Star turut mendongkrak pamornya. Beberapa label musik juga ingin mengajaknya bekerja sama, tetapi sayang mereka tidak sejalan dengan visi dan misi sang penyanyi.

Dia lalu mendapat kolaborator yang ideal bersama produser musik Luke Laird dan penyanyi musik country Amerika, penulis lagu, sekaligus produser rekaman Shane McAnally. Mereka akhirnya menjadi produser rekaman untuk debut label musiknya.

Pada 2012, Kacey menandatangani kontrak kerja sama dengan Mercury Nashville dan merilis single pertamanya, Merry Go ‘Round , pada tahun yang sama. Sementara itu, debut albumnya, “Same Trailer Different Park”, diluncurkan pada Maret 2013 dengan single yang dijagokan Blowin’ Smoke dan Follow Your Arrow .

Segala pencapaian Kacey sudah mendapat pengakuan segenap penghargaan yang berhasil diboyongnya, di antaranya Musisi Pendatang Baru CMA Awards 2013. Sementara pada 2014, dia mengumpulkan dua Grammy Awards untuk Best Country Song untuk lagu Merry Go ‘Round dan Best Country Album .

Dia juga memenangi ACM Award untuk Album of the Year dan CMA Award untuk lagu Follow Your Arrow . Di Grammy Awards 2019, Kacey tercatat memenangi penghargaan Penyanyi Solo Country Terbaik untuk lagu Butterflies, Lagu Country Terbaik untuk Space Cowboy, dan penghargaan Album Country Terbaik.

Untuk Album Country Terbaik, dia berhasil mengalahkan Kelsea Ballerini, Brothers Osborne, Ashley McBryde, dan pemenang kategori tersebut pada tahun sebelumnya, Chris Stapleton. Tak ayal, musik menjadi sumber pendapatan terbesar Kacey selama ini. Kekayaannya bertambah menjadi Rp150 miliar. (Sri Noviarni)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6301 seconds (0.1#10.140)