Resep Apem Belanda untuk Cemilan Keluarga di Akhir Pekan

Sabtu, 16 Februari 2019 - 17:17 WIB
Resep Apem Belanda untuk...
Resep Apem Belanda untuk Cemilan Keluarga di Akhir Pekan
A A A
JAKARTA - Apem Belanda dibuat dengan bahan-bahan sama seperti membuat adonan kue, seperti telur, terigu dan gula pasir. Namun, Rudy Choirudin menbgkreasikan dengan vla lewat Apem Belanda dengan Vla.

Makanan yang satu ini bisa dinikmati saat santai bersama keluarga, seperti akhir pekan ini. Untuk membuatnya, Rudy Choirudin berbagi resep dalam program Rasasayange yang ditayangkan MNCTV setiap Sabtu, pukul 08.00 WIB dan program Rudy dan Sahabat yang ditayangkan setiap Minggu, pukul 07.30 WIB. (Baca juga: Pedasnya Tongkol Suwir Petai Bakal Bikin Anda Ketagihan ).

Bahan 1:
1 butir telur
1 sdm gula pasir
150 g tepung terigu
1 sdm susu bubuk
1 sdt baking powder
1 sdt soda kue
¼ sdt garam
2 sdm margarine/butter cair
250 ml susu cair
Minyak goreng secukupnya

Bahan 2:
100 ml kental manis larutkan dengan 300 ml air
50 g gula pasir
1/8 sdt Desaku Kunyit Bubuk
2 kuning telur
2 sdm margarine
¼ sdt garam
½ sdt vanilli
3 sdm maizena dilarutkan
2 sdm tepung terigu

Bahan 3:
75 g keju diparut
75 g meses
50 g kacang tanpa kulit (digoreng, tiriskan dan dicincang kasar)

Cara Membuat:
Masukkan susu kental manis yang telah dilarutkan dengan air kedalam panci. Larutkan tepung maizena dengan susu, kemudian masukkan semua sisa bahan 2 kedalam panci dan masak dengan api sedang hingga mengental dan sedikit padat. Masukan kedalam piping bag dengan ujungnya dipasang spuit. Campur telur dan gula kocok dengan wishk hingga gula larut.

Masukan semua bahan 1 (bahan kering), sambil masukkan susu dan margarine, kemudian ratakan hingga adonan halus. Tutup dengan kain serbet diamkan selama 15 menit. (Baca juga: Pedas Gurih Olahan Sambal Bawang Cumi Asin ).

Panaskan pan, olesi sedikit dengan minyak goreng dan lap dengan tissue supaya tidak lengket. Masukan 1 sendok sayur adonan hingga terdengar mendesis, bentuk adonan bulat dan rapi. Masak hingga permukaanya matang, angkat dan sisihkan, lakukan hingga semua bahan habis.

Semprotkan vla ditengah melintang jangan sampai ujung, kemudian taburi keju, kacang dan meses. Satukan sisi apem hingga saling bertemu dan cubit hingga lengket, tampak seperti ½ lingkaran, lakukan hingga selesai. Sajikan selagi hangat!
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8871 seconds (0.1#10.140)