55 Film Terbaik Indonesia Masuk Nominasi IMA Awards 2019

Selasa, 19 Februari 2019 - 18:05 WIB
55 Film Terbaik Indonesia Masuk Nominasi IMA Awards 2019
55 Film Terbaik Indonesia Masuk Nominasi IMA Awards 2019
A A A
JAKARTA - RCTI kembali menggelar Indonesia Movie Actors (IMA) Awards. Ajang penghargaan bagi insan perfilman Tanah Air ini akan diselenggarakan di Studio 14 MNC Studios Kebon Jeruk, Jakarta, pada 14 Maret 2019, pukul 21.00 WIB.

"Sesuai dengan spiritnya RCTI, setiap tahun buat acara spesial dan IMA akan tetap kita pertahankan. RCTI sebuah stasiun televise, tapi sebenarnya rumah, bukan cuma rumah yang memberikan hiburan, tapi apresiasi industri hiburan televisi. Ini apresiasi RCTI sebuah grup besar untuk dunia hiburan, musik, film dan televisi," kata Dini Putri selaku Director Programming & Acquisition RCTI saat jumpa pers di MNC Studios Kebon Jeruk, Jakarta, Selasa (19/2/2019).

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, para nominasi dipilih berdasarkan pilihan juri. Sebanyak 55 judul film mengikuti ajang bergengsi ini dan dari jumlah tersebut berhasil terpilih 8 kategori terbaik yang dipilih langsung oleh juri dan 7 kategori terfavorit yang dipilih masyarakat melalui voting melalui SMS, website, sosial media Instagram dan meTube.

Voting dapat dilakukan mulai 19 Februari hingga 13 Maret 2019. Selain itu, akan ada 1 kategori spesial yang akan diberikan pada malam puncak IMA Awards 2019, yaitu lifetime achievement.

Seluruh film yang masuk nominasi merupakan film Indonesia baik yang tayang di dalam atau luar negeri dengan periode, mulai 1 Maret 2018 sampai 31 Januari 2019. (Baca juga: Kisah Cinta Lee Jong Suk dan Lee Na Young di Drama Romance is a Bonus Book ).

"Penentuan nominasi yang masuk 100% hasil kerja keras IMA 2019 (dewan juri). Sekali lagi RCTI menyediakan rumah, apapun yang muncul disana hasil diskusi juri. Dan apa yang menjadi pembeda tahun ini, nominasi dari gendre prodak yang masuk itu luas. Dulu banyak yang bilang, film yang masuk IMA Awards itu hanya film festival, sekarang luas. Partisipasi masyarakat melalui voting juga sangat penting untuk menentukan karya terfavorit yang berhak menerima penghargaan di IMA Awards tahun ini," tambah Dini.

Pada kesempatan yang sama, Lukman Sardi selaku aktor sekaligus ketua dewan juri IMA Awards 2019 menjelaskan bahwa penilaian setiap nominasi atau pemenang IMA Awards berdasarkan kualitas bukan gendre. Selain itu, film-film yang menjadi nominasi merupakan film yang secara suka rela mendaftar langsung ke IMA Awards 2019. Masyarakat pun sengaja dilibatkan untuk memilih agar mengetahui perkembangan film Indonesia saat ini.

"Jadi seperti biasa, IMA akan memberitahu ke PH kalo ada IMA Awards dan apakah mereka bersedia filmnya didaftarkan, ikut IMA. Jadi mereka mendaftar, bukan diambilin dan ada satu hari kita membahas nominasi, diskusi dan vote. Buat kita penting untuk mendengarkan satu sama lain. Para dewan juri menilai dan nilainya dibagi segala macem dan muncul urutan tapi tetep kita buka diskusi sampai muncul kesepakatan," jelas Lukman Sardi.

"Ini yang membuat saya prosesnya menjadi menarik. Kita menentukan beberapa poin yang menjadi acuan untuk memilih yang terbaik. Tentunya yang terfavorit akan dipilih oleh pemirsa agar merasakan perkembangan film seperti apa. Kita nggak nilai gendre, mau horor atau apa, kita ngomong kualitas itu sendiri. Sebenernya dari film yang masuk lumayan banyak horor, kita tau d tahun kemarin banyak banget horor tapi ngomong kualitas nggak sebanyak itu. Setiap film yang kita nilai karakternya," ungkapnya.

Menariknya, IMA Awards 2019 diikuti oleh film-film yang mengalami peningkatakan kualitas. "Peningkatan kualitas tentu ada. Makannya kita punya pengalaman diskusi alot karena peningkatan kualitas di mana aktor punya kualitas tinggi, bukan cuma untuk menentukan pemenang nomine aja yang tinggi," beber Lukman.

Sementara tahun ini, IMA Awards 2019 mengusung tema Rumah Film Indonesia. Nantinya saat malam penganugerahan, setiap tamu yang datang akan merasa seperti berada di bioskop. Lebih dari itu, sejumlah soundtrack film juga nantinya akan dinyanyikan oleh deretan artis Tanah Air.

"Indonesia Movie Actors Awards kali ini mengusung temw Rumah Film Indonesia, secara artistik kita akan buat seperti bioskop, seperti datang ke bioskop terbaik dan terfavorit. Saya lihat juga nanti akan menyanyikan soundtrack film dan saya tidak sabar melihatnya. Jarang soundtrack bagus, film biasa tapi tahun ini bagus semua. Saya harap semua bisa terhibur," ujar Fabian Dharmawan selaku Head Of Production Division RCTI.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5277 seconds (0.1#10.140)