Kering Tempe, Lauk Pelengkap yang Bisa Bikin Makan Nambah

Senin, 25 Februari 2019 - 17:32 WIB
Kering Tempe, Lauk Pelengkap yang Bisa Bikin Makan Nambah
Kering Tempe, Lauk Pelengkap yang Bisa Bikin Makan Nambah
A A A
JAKARTA - Kering Tempe bisa menjadi lauk tambahan bersantap di hari ini. Irisan panjang tempe dengan bumbu cabai merah keriting, serai, bawang putih, bawang merah, dan gula jawa ini menawarkan sensasi rasa yang menggugah selera.

Tertarik menikmati menu yang satu ini? Pecinta kuliner bisa membuatnya di rumah. Dikutip akun Instagram @masaktv, berikut resep membuat Kering Tempe. (Baca juga: Tips Memasak Ikan Balado untuk Pemula ).

Bahan-bahan:
1 buah tempe
10 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 btg cabai merah keriting
2 btg serai
1 lbr daun salam
3 cm jahe
3 cm lengkuas
1 sdm air asam jawa
3 sdm kecap manis
5 g gula jawa

Cara membuat:

Siapkan satu buah tempe lalu iris memanjang. Panaskan wajan dan beri minyak, kemudian masukkan tempe yang sudah diiris ke dalam wajan. Tambahkan air asam jawa dan aduk rata, setelah itu angkat dan tiriskan. Memarkan lengkuas kemudian iris cabai merah keriting, serai, bawang putih dan bawang merah.

Siapkan gula jawa, lalu iris secukupnya. Panaskan wajan dan beri minyak, tumis bahan yang sudah diris tadi seperti gula jawa, bawang merah, cabai dan lainnya. Tambahkan daun salam, air asam jawa, kecap manis, dan gula . Aduk rata. Masukkan tempe yang sudah ditiriskan tadi dan berikan sedikit air. Aduk rata. Angkat. Kering Tempe siap dihidangkan.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6132 seconds (0.1#10.140)