Perkedel Jerman, Alternatif Menu untuk Bekal Si Kecil

Selasa, 30 April 2019 - 10:30 WIB
Perkedel Jerman, Alternatif Menu untuk Bekal Si Kecil
Perkedel Jerman, Alternatif Menu untuk Bekal Si Kecil
A A A
JAKARTA - Perkedel menjadi salah satu masakan rumahan yang paling banyak digemari. Namun, perkedel kadang bikin bosan karena penyajiannya yang begitu-begitu saja. Padahal, makanan ini pun banyak variasinya dan bisa menjadi alternatif untuk bekal si kecil ke sekolah.

Berbeda dari perkedel biasanya, perkedel ini adalah perkedel khas Jerman yang memiliki penyajian yang tak sama dengan perkedel lainnya. Berikut resep membuat perkedel seperti dikutip dari akun Instagram @masaktv.

Bahan:
500 g daging cincang sapi
1 buah roti/broetchen lama
100 ml susu sapi segar
1 buah bawang bombai kecil
1/2 ikat peterseli
1 btr telur ayam
Butter
Garam
Lada
Gula

Bahan saus:
1 sdt maizena
Kaldu sapi
Butter

Kentang goreng:
1 kg kentang
3 siung bawang puti
½ ikat peterseli
Butter
Garam

Cara membuat:
1. Rendam roti dalam susu selama 15 menit. Dalam wajan, panaskan 2 sdm minyak goreng dan masukkan bawang bombay dengan peterseli cincang hingga layu. Dalam wadah mangkuk, campurkan daging cincang dengan rendaman roti, tumisan bawang bombai dan peterseli, tambahkan telur. Beri garam, lada, gula.

2. Bentuk 7 bulatan pipih dan simpan di kulkas selama 15 menit. Dalam wajan, panaskan minyak dan goreng perkedel bolak-balik hingga matang. Sisa minyak usai menggoreng ditambahkan butter dan sedikit kaldu sapi lalu dicampurkan dengan larutan maizena hingga terbentuk saus. Pindahkan ke mangkuk saus.

3. Rebus kentang kemudian potong kotak-kotak besar. Panaskan wajan dengan butter dan masukkan bawang putih cincang. Tumis kentang sebentar dengan garam hingga terbentuk lapisan kuning keemasan. Angkat dan pindahkan ke piring saji. Letakkan perdekel di atasnya. Perkedel siap dihidangkan.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6128 seconds (0.1#10.140)