Agar Tetap Fit, Konsumsi Menu Sehat saat Sahur dan Buka Puasa

Selasa, 07 Mei 2019 - 14:13 WIB
Agar Tetap Fit, Konsumsi...
Agar Tetap Fit, Konsumsi Menu Sehat saat Sahur dan Buka Puasa
A A A
MESKI puasa, aktivitas sehari-hari tetap berjalan seperti biasa. Hal tersebut bisa diperkuat dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi saat sahur. Untuk menu buka puasa, dipersiapkan beragam menu untuk disantap bersama keluarga. Di antaranya yang dianjurkan adalah mengonsumsi susu.

Selama menjalankan ibadah puasa, tubuh membutuhkan nutrisi yang baik dan lengkap agar tetap fit. Mengonsumsi segelas susu saat sahur dapat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama berkat kandungan protein.

Selain menyumbang asupan cairan tubuh, susu juga mengandung kalsium dan sejumlah vitamin yang diperlukan tubuh serta membantu memperkuat daya tahan tubuh selama berpuasa. Selain itu, mengonsumsi susu dianjurkan saat berbuka puasa. Asupan susu saat berbuka memberikan manfaat yang berbeda dengan asupan saat sahur.

Saat berbuka, susu dapat membantu mengembalikan energi tubuh. Segelas susu yang diminum pada malam hari membantu tidur lebih cepat berkat kandungan asam amino tryptophan, suatu prekursor yang berguna untuk neurotransmiter serotonin yang bersifat menenangkan sehingga membantu proses tidur lebih cepat.

Untuk kreasi menu sahur dan berbuka berbahan susu, yoghurt, dan keju, ada beberapa resep dari Greenfields yang dikreasikan tiga chef ternama, yakni Chef Arimbi Nimpuno, Chef Odie Djamil, dan Chef Yuda Bustara.

Untuk membuat chia blueberry drink, sebaiknya masukkan chia ke botol Greenfields Yoghurt Drink, shake dan diamkan lima menit dalam kulkas, lalu sajikan dengan es batu jika suka. Selanjutnya, untuk cara malized onion camembert mini quiche,Chef Arimbi menyarankan menggunakan puff pastry siap saji yang dapat dibeli di supermarket.

Lalu, siapkan satu siung bawang bombay ukuran sedang, iris tipis, gunakan satu pak Greenfields Camembert Cheese 125 gram, campur satu sendok makan mentega. Persiapkan 6 butir telur, kocok, siapkan 3/4 cangkir krim kental serta garam dan lada secukupnya. Cara memasaknya yaitu panaskan mentega dalam wajan, masukkan irisan bawang bombay, tumis bawang bombay hingga kecoklatan, lalu sisihkan.

Panaskan oven pada suhu 180°C, kocok telur dengan krim kental, garam, dan lada. Masukkan tumisan bawang bombay ke campuran telur. Potong lembaran puff pastry menjadi persegi yang cukup untuk melapisi loyang muffin. Tempatkan lembaran puff pastry melapisi loyang muffin. Tuangkan adonan telur secukupnya ke puff pastry.

Masukkan secukupnya adonan telur di atas puff pastry. Greenfields Camembert Cheese dipotong berbentuk dadu dan dimasukkan ke dalam telur di atas puff pastry. Panggang dalam oven pada suhu 180°C selama 25-30 menit hingga pastry mengembang.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9215 seconds (0.1#10.140)