Maksimalkan Potensi Indonesia sebagai Kiblat Fesyen Dunia lewat MFFF

Jum'at, 10 Mei 2019 - 03:49 WIB
Maksimalkan Potensi Indonesia sebagai Kiblat Fesyen Dunia lewat MFFF
Maksimalkan Potensi Indonesia sebagai Kiblat Fesyen Dunia lewat MFFF
A A A
JAKARTA - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) melalui Deputi Akses Permodalan Bekraf menggelar Modest Fashion Founders Fund (MFFF). MFFF merupakan sebuah program akselerasi untuk pelaku usaha modest fashion Indonesia dalam hal permodalan dari sektor perbankan syariah.

Digelarnya MFFF diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekosistem modest fesyen dan memaksimalkan potensi Indonesia menjadi kiblat modest fashion dunia 2020. Survei Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat fesyen sebagai subsektor ekonomi kreatif yang memberikan kontribusi terbesar kedua pada PDB ekonomi kreatif 2016 yakni sebesar 18,01 persen dengan nilai Rp166 triliun.

"Permodalan merupakan salah satu kendala pertumbuhan dan perkembangan pelaku usaha modest fashion Indonesia. Melalui MFFF, Bekraf bekerjasama dengan perbankan syariah untuk memenuhi kebutuhan permodaan pelaku usaha modest fashion Indonesia sekaligus meningkatkan kapasitas mereka," kata Deputi Akses Permodalan, Fadjar Hutomo saat peluncuran MFF di Plaza Indonesia, Jakarta, Kamis (9/5).

Bekraf turut menggandeng expert modest fashion, Franka Soeria yang dikenal luas sebagai inisiator beragam cara modest fashion week di dalam dan luar negeri pada MFFF. Peserta MFFF akan berkesempatan untuk menyalurkan produknya melalui platform e-commerce Markamarie dan berpeluang mengikuti ajang modest fashion week di berbagai belahan dunia.

"Sebagai pelaku bisnis modest fashion melalui Markamarie, turut melakukan proses seleksi bagi desainer hingga terpilih 20 peserta yang dapat mengikuti program inkubator dengan mentor dari dalam dan luar negeri. Mereka yang terpilih berhak mendapat akses permodalan bank untuk mengembangkan bisnis secara lokal maupun internasional. Markamarie akan bertindak sebagai agen internasional untuk dua brand terpilih serta menempatkan mereka di saluran penjualan dan promosi di berbagai negara," ujar Franka Soeria.

Tidak hanya meningkatkan akses permodalan, MFFF juga mengembangkan kapasitas pelaku usaha modest fashion Indonesia dengan creative workshop dan creative project pada Juli mendatang. Pelaku usaha modest fashion Indonesia bisa mendaftarkan diri secara online melalui modestfffund.com untuk mengikuti MFFF. Pendaftaran dibuka hingga 20 juni 2019.

Sebanyak 20 peserta terpilih akan mendapatkan materi pengembangan usaha meliputi ide krearif, desain kreatif, produk kreatif, marketing, pengetahuan bisnis digital dan perkembangan bisnis halal, simulasi pertemuan bisnis, pegelolaan keuangan hingga pengetahuan ekspor dan Hak Kekayaan Intelektual.

Para peserta juga akan didampingi mentor yang berasal dari perbankan syariah dan fashion expert untuk menjalankan proyek fashion show yang dipresentasikan di hadapan para stakeholder saat malam apresiasi pada Agustus 2019. Pelaku usaha modest fashion Indonesia yang mengikuti MFFF juga akan mendapatkan pendampingan dan pembinaan mengembangkan usahanya dalam bentuk workshop lanjutan, mentoring maupun networking.

Selain itu, peserta MFFF juga mendapat prioritas dukungan Bekraf untuk mengikuti kompetisi dan pameran domestik maupun internasional, tergabung pada marketplace online dan offline serta akses permodalan perbankan syariah.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6451 seconds (0.1#10.140)