Hindari Katakan 6 Hal Ini pada Anak di Meja Makan

Jum'at, 10 Mei 2019 - 10:11 WIB
Hindari Katakan 6 Hal Ini pada Anak di Meja Makan
Hindari Katakan 6 Hal Ini pada Anak di Meja Makan
A A A
JAKARTA - Semua orang tua ingin anak-anaknya menikmati makanan sehat dan bergizi. Dalam upaya untuk melakukannya, orang tua harus selalu mencoba memperkenalkan berbagai jenis makanan kepada anak sehingga mengembangkan rasa bersantap.

Niat di balik semua ini sangat jelas, untuk membuat anak sehat. Tapi tahukah Anda bahwa pernyataan yang Anda buat di meja makan sama pentingnya dengan makanan yang Anda sajikan untuk anak Anda?

Seperti dilansir Times of India, sesuai para ahli dan dokter , apa yang Anda katakan pada saat makan memainkan pengaruh besar pada pertumbuhan anak dan tentu saja, Anda tidak ingin mengirim pesan yang salah. Nah, berikut ini ada 6 pernyataan kepada anak yang harus Anda hindari saat di meja makan.

1. "Anda bisa mendapatkan makanan penutup jika menghabiskan sayuran"
Ketika Anda membuat pernyataan seperti itu, Anda mencap makanan sehat sebagai bruto dan kurang diinginkan dibandingkan dengan pencuci mulut. Memang benar bahwa anak-anak suka makanan penutup, tetapi memberikannya status super spesial tidak benar.

Tidak ada makanan yang bisa dianggap sebagai hadiah atau ditahan sebagai hukuman. Jika Anda menyajikan makanan penutup setelah makan malam, semua orang harus mendapatkannya, terlepas dari berapa banyak sayuran yang dimakan seseorang untuk makan malam. Jika anak Anda menuntut untuk hanya makan makanan penutup dan tidak ada makanan, maka Anda dapat membatasi asupan makanan penutup mereka, tetapi itu juga sesekali.

2. “Makan lebih banyak makanan lagi”
Bahkan, jika Anda berpikir bahwa anak Anda belum makan banyak, cobalah untuk tidak mendorong mereka untuk makan lebih banyak. Menuntut anak-anak untuk makan lebih banyak itu tidak baik, tetapi itu sangat tidak produktif. Jika anak Anda lapar dia akan makan makanan secara otomatis. Biarkan anak Anda memutuskan seberapa banyak ia ingin makan, dengan cara ini mereka akan belajar cara mengelola kelaparan secara efektif. (Baca juga: Tantangan dan Risiko Penderita Diabetes Saat Puasa ).

3. "Kamu tidak akan menyukainya"
Anda tahu bahwa anak tidak suka kubis, tetapi jika dia meminta hidangan yang terbuat dari kubis, biarkan mereka memilikinya. Jangan pernah mencegah mereka untuk mencoba. Jadi, membiarkan mereka membuat pilihan sendiri. Jika mereka tidak menyukainya, mereka tidak akan menikmatinya makanan itu lagi.

4. "Coba ini, bagus!"
Jangan pernah memaksa anak untuk memiliki sesuatu yang bertentangan dengan keinginan mereka. Aturan satu gigitan mungkin mendorong beberapa anak untuk mencoba makanan baru, tetapi dalam beberapa kasus justru menjadi bumerang. Ini bahkan dapat membuat ketegangan di meja makan dan Anda tentu tidak ingin hal seperti ini terjadi.

5. "Bagus, kamu sudah menghabiskan semua makananmu!"
Itu wajar untuk memuji anak untuk menyelesaikan makanan, tapi kata itu mengajarkan mereka bahwa kuantitas makanan lebih penting daripada nafsu makan. Mereka akan selalu mencoba untuk menyelesaikan makanan, bahkan jika mereka tidak mau memakannya. Ajari mereka untuk mendengarkan perut mereka.

6. "Lihatlah kakakmu, dia menghabiskan makanannya"
Membandingkan anak dengan saudara mereka adalah hal yang tidak boleh. Anak Anda mungkin mulai merasa rendah diri dengan saudara mereka yang mungkin menyebabkan ketegangan di antara mereka.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5779 seconds (0.1#10.140)