Trik Nyetrika Pakaian Agar Tak Kusut

Jum'at, 10 Mei 2019 - 13:08 WIB
Trik Nyetrika Pakaian Agar Tak Kusut
Trik Nyetrika Pakaian Agar Tak Kusut
A A A
JAKARTA - Menyetrika pakaian merupakan kegiatan sehari-hari yang sering dilakukan ibu rumah tangga. Meski terkesan sederhana dan biasa dilakukan, faktanya masih banyak orang melakukan banyak kesalahan. Alih-alih menyetrika, pakaian justru akan menjadi kusut, bahkan rusak. Lantas bagaimana cara menyetrika yang tepat?

Seperti dilansir Independent, Karen Tierney dari dry cleaning profesional Jeeves Belgravia memberi beberapa tips menyetrika pakaian yang tepat agar pakaian tak kurut menurut. Caranya merapikan pakaian ini telah memegang surat perintah kerajaan untuk layanannya kepada HRH Prince of Wales selama lebih dari 34 tahun.

1. Persiapan
Untuk menyetrika secara optimal, siapkan papan setrika yang kokoh, pati (jika menggunakan) dan setrika. Jika Anda memilih untuk menggunakan pati yang akan membuat baju Anda menjadi halus, pastikan untuk menyemprotkannya dengan ringan di baju sebelum menyetrika.

"Pastikan semua kancing di baju Anda yang akan segera disetrika telah dilepaskan sebelumnya, termasuk mansetnya. Ini akan membuat lebih mudah untuk menyiasati kemeja saat disetrika. Selanjutnya, siapkan setrika dan mengisinya dengan air suling atau air leding sesuai petunjuk dari setrika Anda," saran Tierney.

"Setel suhu setrika Anda ke pengaturan panas yang benar. Anda dapat periksa suhu dengan melihat petunjuk label aftercare kemeja Anda," lanjutnya. (Baca juga: Alas Kaki Ini Bisa Dipadu dengan Beragam Jenis Busana ).

2. Urutan menyetrika

"Mulailah dengan kerah. Pertama-tama setrika bagian bawah dan kemudian pindah ke sisi luar, pastikan untuk menyetrika dari tepi luar kerah ke arah tengah," kata Tierney.

Kemudian pindah ke bagian bahu. Tierney menyarankan, meletakkan bagian baju di tepi sempit papan dan memutar setrika saat Anda memindahkannya. Ini akan memastikan setiap bagian disetrika dengan benar dan mencegah kusut. Sekarang setrika bagian manset dari bagian dalam terlebih dahulu dan kemudian bagian luar seperti kerah.

"Pindah ke lengan baju yang harus Anda letakkan di papan memanjang dengan bukaan manset menghadap ke atas. Kerjakan ke bawah di sepanjang lengan dari jahitan ketiak ke manset dengan gerakan setrika lurus," saran Tierney.

"Lalu ulangi ini di sisi lain. Sekarang setrika bagian belakang dengan gerakan atas ke bawah - menyetrika bagian belakang kancing melindungi kancing dari kerusakan akibat panas yang terjadi. Sekarang Anda siap menyetrika bagian utama kemeja. Mulailah dengan menempatkan bagian depan secara memanjang di papan dan gunakan gerakan lurus untuk menyetrika dari atas ke bawah," ujar Tierney.

Kemudian, pindahkan kemeja ke depan dan di sekitar papan sebelum menyetrika bagian belakang kemeja dengan cara yang sama. Anda dapat membuka kemeja dan fokus pada bagian dalam serta memutar kemeja di sekitar papan untuk menghindari kusut.

3. Sentuhan terakhir

Gantung baju Anda di gantungan, lipat kerah ke bawah dan kancing secara tepat ke leher untuk menjaga bentuk kerah. Simpan kemeja di lemari dengan gerakan lurus ke atas dan ke bawah lipatan keluar.

"Jangan pernah tergoda untuk memegang baju itu dan menggunakan setrika uap vertikal untuk melepaskan lipatan, karena ini hanya akan melemaskan kain yang telah disetrika," tandasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4165 seconds (0.1#10.140)