8 Tips Sehat Megantisipasi Penyakit Usai Lebaran

Kamis, 06 Juni 2019 - 10:09 WIB
8 Tips Sehat Megantisipasi Penyakit Usai Lebaran
8 Tips Sehat Megantisipasi Penyakit Usai Lebaran
A A A
JAKARTA - Setelah puasa Ramadhan, seseorang seharusnya memiliki kesehatan prima karena tubuh sudah melakukan proses detoksifikasi, pengontrolan gula darah dan kolesterol sehingga tercapainya ketenangan jiwa yang optimal. Namun, faktanya banyak masyarakat yang mendapatkan kondisi sebaliknya. Bahkan sampai mengalami masalah kesehatan dan kematian.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Ari Fahrial Syam menekankan perlunya antisipasi dengan berbagai penyakit pascalebaran. Masyarakat dihimbau untuk selalu harus waspada dan tetap melakukan upaya pencegahan terhadap penyakit seusai Lebaran sehingga saat beraktivitas usai Lebaran bisa tetap dalam keadaan sehat.

Berikut tips sehat mengantisipasi penyakit seusai Lebaran menurut Prof Ari, seperti dikutip dari blog resminya.
1. Perhatikan makanan dan minuman, terutama kualitas makanan dan minuman tersebut.
2. Perhatikan jumlah kalori dari makanan atau minuman. Camilan sekecil apapun, jika manis pasti mengandung kalori.
3. Usahakan hanya mengkonsumsi satu macam lauk saja. Jika merasa camilan (kue Lebaran) dikonsumsi lebih banyak, maka kurangi nasi saat makan besar.
4. Hindari camilan yang mengandung cokelat, keju dan berlemak. Lemak mempunyai kalori yang lebih besar dua kali dari karbohidrat.
5. Banyak minum, lebih dari 2 liter per hari.
6. Banyak mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran. Usahakan lima servings saat makan pagi, siang dan malam serta disela-sela makan tersebut.
7. Tetap melakukan aktifitas olahraga atau bergerak. Jika silahturahmi bisa dijangkau dengan berjalan kaki, usahakan lakukan dengan berjalan.
8. Usahakan tidur minimal 6 jam.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6750 seconds (0.1#10.140)