4 Mitos dan Fakta yang Berhubungan dengan Kesehatan Mata

Selasa, 02 Juli 2019 - 18:14 WIB
4 Mitos dan Fakta yang Berhubungan dengan Kesehatan Mata
4 Mitos dan Fakta yang Berhubungan dengan Kesehatan Mata
A A A
JAKARTA - Ada banyak nasihat agar mata tetap sehat. Namun tidak semuanya benar dan harus dipercaya, mulai makan wortel hingga menonton televisi. Jadi, penting untuk menghilangkan prasangka mitos yang berkaitan dengan penglihatan.

Ada beberapa mitos dan fakta yang berkaitan dengan penglihatan yang bisa membantu merawat mata dengan baik dan menjadi langkah pertama untuk melindungi penglihatan seumur hidup. Seperti dilansir Times of India, berikut 4 mitos dan fakta terkait penglihatan umum yang perlu diketahui:

Mitos 1: Membaca dalam cahaya redup akan memengaruhi penglihatan
Fakta: Mata mudah lelah saat membaca dalam cahaya redup, tetapi ini tidak memengaruhi penglihatan. Anda hanya perlu memastikan bahwa fokus lampu baca Anda langsung pada halaman, bukan pada bahu. Ketika cahaya datang dari belakang, itu menciptakan cahaya dan membuatnya sulit dibaca. (Baca juga: Pentingnya Gaya Hidup Sehat Bagi Calon Jamaah Haji ).

Mitos 2: Memiliki wortel untuk meningkatkan penglihatan
Fakta: Wortel baik untuk mata karena wortel mengandung vitamin A, tetapi sayuran berdaun hijau dan buah-buahan segar lebih baik. Sayuran adalah sumber yang kaya vitamin dan nutrisi penting lainnya yang dapat melindungi mata dari masalah seperti katarak. Namun, sayuran tidak dapat mencegah atau memperbaiki masalah terkait penglihatan.

Mitos 3: Jangan memakai kacamata atau lensa kontak setiap saat
Fakta: Jika dokter mata Anda telah meresepkan kacamata untuk dibaca, maka gunakanlah. Membaca tanpa kacamata akan membuat mata tegang dan akan membuatnya mudah lelah. Menggunakan kacamata tidak akan melemahkan penglihatan.

Mitos 4: Jangan menatap layar komputer sepanjang hari, itu berbahaya.
Fakta: Menatap layar untuk waktu yang sangat lama dapat membuat mata tegang, tetapi itu tidak akan membahayakan. Pastikan bahwa tempat Anda bekerja memiliki pencahayaan yang tepat. Istirahat 10 menit setelah 2-3 jam. Ini akan memberi istirahat pada mata.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0475 seconds (0.1#10.140)