Seberapa Tahu Kamu tentang Obesitas?

Sabtu, 06 Juli 2019 - 16:35 WIB
Seberapa Tahu Kamu tentang Obesitas?
Seberapa Tahu Kamu tentang Obesitas?
A A A
Erwanda Ersa (Jurusan Psikologi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Obesitas itu penyakit yang disebabkan oleh kelebihan berat badan. Perihal mencegahnya, sepengetahuanku, menjaga pola makan dengan baik; seperti makan sayur dan buah; lalu tidak makan yang berminyak seperti gorengan; dan tidak lupa diimbangi dengan olahraga. Aku sendiri belum menerapkan pencegahan yang dibicarakan sebelumnya. Padahal, aku ini tipikal orang yang suka makan sayur dan buah. Tetapi, karena saat ini statusku anak kos, aku suka banget melewatkan jam makan karena tidak ada makanan dan malas untuk masak ataupun beli. Aku juga belum bisa rutin berolahraga karena ada faktor yang sangat memengaruhi, yaitu rasa malas.

Raafi Firmansyah Yuda (Jurusan Ilmu Hukum, Universitas Padjadjaran)
Obesitas adalah gangguan kesehatan karena adanya lemak berlebih di dalam tubuh. Selagi dapat dicegah, alangkah baiknya sejak dini harus menjaga pola makan dan rutin berolahraga. Untuk penerapannya ke diri sendiri, saya sudah menjaga pola makan dengan cara memilih menu apa saja yang akan dikonsumsi, mengurangi makanan yang mengandung gula tinggi, dan mengurangi konsumsi junk food . Yang belum saya terapkan adalah olahraga secara rutin.

Utami Lestari (Jurusan Sistem Informasi, Universitas Gunadarma)
Obesitas adalah kondisi kelebihan berat badan. Untuk pencegahannya dilakukan dengan cara berolahraga secara rutin, menjaga pola makan, serta pola tidur. Cara mencegah obesitas yang disebutkan sebelumnya sudah aku terapi ke diri sendiri. Selain karena faktor kesehatan, aku juga sudah bosan memiliki berat badan lebih. Lalu, faktor lainnya karena baju yang bagus dan dijual dengan harga murah, biasanya hanya menyediakan size small.

Adhelia Shalsabila (Studi Kebendaharaan Negara, PKN STAN) Menurutku, obesitas itu kondisi tubuh memiliki berat jauh di atas berat normal, biasanya obesitas itu identik dengan kata gemuk. Tetapi menurutku, obesitas itu tingkatnya di atas kategori gemuk karena ukuran tubuh penderita obesitas itu dihitung sudah membahayakan. Biasanya obesitas itu terjadi secara bertahap tanpa disadari karena pola hidup yang kurang baik. Maka dari itu, pencegahannya balik lagi ke pola hidup si pelaku. Pola hidup bukan hanya menjaga makanan yang dikonsumsi, juga harus diimbangi dengan olahraga dan istirahat yang cukup. Untuk penerapannya ke diri sendiri, aku sudah melakukan hal itu. Cuma hal yang susah diubah adalah istirahat dengan cukup. Karena tugas kuliah cukup banyak, memaksakan aku untuk istirahat di atas pukul 12 malam.
RENNA YAVIN
GEN SINDO-Politeknik Negeri Jakarta
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4818 seconds (0.1#10.140)