Yuk, Buat Boba Susu Gula Aren yang Sedang Tren

Selasa, 09 Juli 2019 - 15:01 WIB
Yuk, Buat Boba Susu Gula Aren yang Sedang Tren
Yuk, Buat Boba Susu Gula Aren yang Sedang Tren
A A A
JAKARTA - Boba merupakan bola-bola kecil yang terbuat dari tepung tapioka dengan tekstur kenyal. Topping yang sedang tren itu banyak digunakan sebagai pelengkap bubble tea, minuman asal Taiwan ini terdiri dari teh yang ditambahkan dengan susu atau perasa lainnya. Kemudian, minuman dikocok dan ditambahkan berbagai topping seperti boba salah satunya.

Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat minuman ini menjadi favorit banyak orang. Tak perlu membeli, Anda bisa membuat sendiri minuman ini. Caranya pun mudah. Berikut resep membuatnya seperti dikutip Tastemade.

Bahan-bahan:

30 g gula aren, iris
90 ml air
120 g tepung tapioka

Bahan cair:

100 g gula aren, iris
350 ml air
Susu cair

Cara membuat:

Masak gula aren iris bersama air dengan api sedang hingga larut dan mendidih, matikan api. Masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan spatula kayu hingga adonan mulai kalis. Pindahkan adonan ke atas alas silikon, uleni hingga kalis. Ratakan dengan rolling pin dan potong menjadi kotak-kotak kecil sekitar 1x1 cm. (Baca juga: Ichiban Sushi Sajikan Hidangan Kabayaki Berbahan Dasar Lele ).

Bentuk adonan menjadi bulat dan masukan ke dalam tepung tapioka. Setelah selesai, ayak adonan yang sudah dibulatkan. Didihkan air, masukkan boba dan masak hingga boba mengapung sekitar 15 menit. Aduk sesekali. Dinginkan di dalam air es. Gula untuk boba, masak gula aren iris bersama air dengan api sedang hingga mendidih dan gula larut.

Masukkan boba dan masak dengan api sedang sambil diaduk sesekali. Masak hingga cairan mengental. Dinginkan. Tuang 1 sendok makan boba ke dalam gelas lalu miringkan gelas agar sirup dapat menyentuh pinggiran gelas, tuang susu dingin dan sajikan. Boba susu gula aren siap dihidangkan.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5147 seconds (0.1#10.140)