Konsumsi Minuman Manis, Termasuk Jus Buah Dikaitkan dengan Risiko Kanker

Rabu, 17 Juli 2019 - 07:27 WIB
Konsumsi Minuman Manis,...
Konsumsi Minuman Manis, Termasuk Jus Buah Dikaitkan dengan Risiko Kanker
A A A
JAKARTA - Mengonsumsi minuman manis dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker. Penelitian yang diterbitkan dalam British Medical Journal (BMJ) ini menunjukkan bahwa membatasi konsumsi minuman manis, bersama dengan pembatasan pajak dan pemasaran, dapat berkontribusi pada pengurangan kasus kanker.

Dilansir dari Times Now News, konsumsi minuman manis telah meningkat di seluruh dunia selama beberapa dekade terakhir, dan diyakini berkaitan dengan risiko obesitas, yang merupakan faktor risiko untuk penyakit kanker. Namun, penelitian tentang minuman manis dan risiko kanker masih terbatas.

Para peneliti mulai menilai hubungan antara konsumsi minuman manis, termasuk 100 persen jus buah, minuman artifisial (diet), dan risiko kanker secara keseluruhan, serta payudara, prostat, dan usus (kolorektal) kanker. Temuan ini didasarkan pada 101.257 orang dewasa Prancis yang sehat (21 persen pria dan 79 persen wanita) dengan usia rata-rata 42 tahun.

Peserta menyelesaikan dua kuesioner diet online 24 jam yang divalidasi, dirancang untuk mengukur asupan biasa 3.300 item makanan dan minuman yang berbeda dan ditindaklanjuti selama sembilan tahun. Konsumsi harian minuman manis dan minuman artifisial (diet) dihitung dan kasus kanker pertama yang dilaporkan peserta divalidasi oleh catatan medis dan dihubungkan dengan database nasional asuransi kesehatan.

Rata-rata konsumsi minuman bergula setiap hari lebih besar pada pria daripada wanita. Selama masa tindak lanjut 2.193 kasus kanker pertama didiagnosis dan divalidasi (693 kanker payudara, 291 kanker prostat, dan 166 kanker kolorektal). Usia rata-rata saat diagnosis kanker adalah 59 tahun.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan 100 mililiter per hari dalam konsumsi minuman manis dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker keseluruhan sebesar 18 persen dan peningkatan risiko kanker payudara sebesar 22 persen. Ketika kelompok minuman manis dipecah menjadi jus buah dan minuman manis lainnya, konsumsi kedua jenis minuman itu dikaitkan dengan risiko kanker yang lebih tinggi secara keseluruhan.

Tidak ada hubungan yang ditemukan untuk kanker prostat dan kolorektal, tetapi jumlah kasus lebih terbatas untuk lokasi kanker ini. Konsumsi minuman (makanan) dengan pemanis buatan tidak dikaitkan dengan risiko kanker, tetapi para peneliti memperingatkan bahwa kehati-hatian diperlukan dalam menafsirkan temuan ini karena tingkat konsumsi yang relatif rendah dalam sampel ini.

Penjelasan untuk hasil penelitian ini termasuk efek gula yang terkandung dalam minuman manis pada lemak visceral (disimpan di sekitar organ vital seperti hati dan pankreas), kadar gula darah, dan penanda inflamasi, yang semuanya terkait dengan peningkatan risiko kanker.

Senyawa kimia lainnya, seperti aditif dalam beberapa soda juga dapat berperan. Ini adalah penelitian observasional, jadi tidak dapat menentukan penyebabnya, dan para peneliti mengatakan mereka tidak dapat mengesampingkan beberapa kesalahan klasifikasi minuman atau menjamin deteksi setiap kasus kanker baru.
(nug)
Berita Terkait
Kolaborasi untuk Tanggulangi...
Kolaborasi untuk Tanggulangi Beban Kesehatan akibat Kanker
Modifikasi Gaya Hidup...
Modifikasi Gaya Hidup Bisa Kurangi Risiko Kanker Payudara
Pengobatan Kanker Bersifat...
Pengobatan Kanker Bersifat Personal, Tergantung Diagnosa
Malu Dikira Alami Penyakit...
Malu Dikira Alami Penyakit Menular Seks, Wanita Ini Ternyata Idap Kanker Lidah
Kenali Gejala Kanker...
Kenali Gejala Kanker Payudara Sejak Dini
Angka Kematiannya Cukup...
Angka Kematiannya Cukup Tinggi, Masyarakat Penting Kenali Gejala Kanker Paru
Berita Terkini
Anneth Delliecia Antusias...
Anneth Delliecia Antusias Meriahkan Konser Tehillim - The Heart of Worship
23 menit yang lalu
Konser Tehillim 2026:...
Konser Tehillim 2026: Angel Pieters Ungkap Pesan Mendalam di Balik Lagu Liliana Tanoesoedibjo
55 menit yang lalu
Jangan Cuma Top-Up,...
Jangan Cuma Top-Up, Yuk Kelola Saldo ShopeePay Kamu dengan 4 Langkah Ini!
1 jam yang lalu
Liliana Tanoesoedibjo...
Liliana Tanoesoedibjo Terima Penghargaan MURI Kartini atas Konser Tehillim - The Heart of Worship
1 jam yang lalu
Liliana Tanoesoedibjo...
Liliana Tanoesoedibjo Ciptakan 12 Lagu Rohani Baru untuk Konser Tehillim dari Perjalanan Kuliah S2 Teologi
2 jam yang lalu
Surya Saputra Datangi...
Surya Saputra Datangi Polda Metro Jaya, Laporkan Pencatutan Identitas di Medsos
2 jam yang lalu
Infografis
10 Kota dengan Konsumsi...
10 Kota dengan Konsumsi Gorengan Tertinggi di Indonesia
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved