Sambut Hari Anak Nasional, Dancow Luncurkan 15 Dongeng Asli Indonesia

Selasa, 23 Juli 2019 - 01:15 WIB
Sambut Hari Anak Nasional, Dancow Luncurkan 15 Dongeng Asli Indonesia
Sambut Hari Anak Nasional, Dancow Luncurkan 15 Dongeng Asli Indonesia
A A A
JAKARTA - Menyambut Hari Anak Nasional pada 23 Juli, Dancow Advanced Excelnutri+ meluncurkan Dongeng Aku dan Kau sebagai bentuk kontribusinya dalam melestarikan kekayaan budaya dan nilai-nilai asli masyarakat Indonesia.Inisiatif ini didukung Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), dan merupakan wujud komitmen Dancow Advanced Excelnutri+ untuk menyiapkan si buah hati menjadi anak unggul Indonesia.
Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak Atas Kesehatan dan Kesejahteraan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Drs. Hendra Jamal, M.Si menyambut baik kemitraan dengan Dancow Advanced Excelnutri+ dalam upaya mencari solusi terkait perlindungan dan pemenuhan hak anak Indonesia.

"Setiap anak memiliki hak-hak seperti pendidikan, pemanfaatan waktu luang, dan kegiatan budaya yang harus dipenuhi oleh setiap elemen masyarakat, terutama oleh keluarga sendiri," kata Hendra Jamal dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews di Jakarta, Senin (22/7)."Agar tumbuh kembang si buah hati optimal dan kelak menjadi anak unggul Indonesia, kami percaya peran orang tua begitu penting untuk berperan aktif dan berinisiatif dalam melakukan berbagai aktivitas yang kreatif dan imajinatif bersama buah hati," sambungnya.
Brand Manager Dancow Advanced Excelnutri+, Lydia Sahertian menambahkan, pihaknya mengajak para orang tua Indonesia untuk berperan aktif dalam proses tumbuh kembang optimal si buah hati, dengan memberikan gizi seimbang yang akan melindungi mereka dalam bereksplorasi. Dan memberikan stimulasi yang tepat sesuai usia pertumbuhan, serta mendukung buah hati dengan berkata iya boleh sebagai bentuk cinta orang tua.

"Ketiga hal ini membantu si buah hati untuk tumbuh menjadi anak unggul Indonesia yang memiliki lima karakter penting, yaitu berani, cerdas, kreatif, peduli dan pemimpin," imbuh Lydia.

Salah satu bentuk stimulasi yang dapat dilakukan orang tua adalah memperkenalkan si buah hati kepada Dongeng Aku dan Kau, yakni 15 dongeng asli Indonesia yang dikemas dalam bentuk menarik dan interaktif sesuai usia pertumbuhan si buah hati, seperti dongeng Burung Cendrawasih untuk usia 1 tahun ke atas, dongeng Raja Parakeet untuk 3 tahun ke atas, serta dongeng Timun Mas untuk usia 5 tahun ke atas. Dongeng Aku dan Kau juga tersedia dalam bentuk video interaktif yang dapat diakses melalui situs Dancow Parenting Center.
Peneliti dan pakar sastra anak Indonesia, Dr. Murti Bunanta SS., MA, mengungkapkan bahwa cerita rakyat sepatutnya tidak digantikan dengan kehadiran film dan cerita terjemahan yang tidak berkualitas. Pasalnya, cerita nusantara menyangkut masalah kehidupan umat manusia yang relevan sampai sekarang, mengandung nilai-nilai budaya dan moral, jauh dari isu ras dan agama, serta bersifat universal.
Sementara menurut psikolog klinis dra. Ratih Ibrahim, M.M, mendongeng merupakan sebuah proses stimulasi yang menyenangkan bagi anak dan bermanfaat untuk mengembangkan daya imajinasi, kemampuan bahasa dan ekspresi emosi secara lebih baik.

Pada saat yang sama, Dancow Advanced Excelnutri+ juga berkolaborasi dengan brand clothing lokal, DAMN! I Love Indonesia dalam meluncurkan kaos bertema karakter dari dongeng Timun Mas."Nilai keberanian dan pantang menyerah dalam dongeng Timun Mas disampaikan melalui ilustrasi dan karakter dalam koleksi kolaborasi ini," kata Chief Executive Officer Damn! I Love Indonesia, Daniel Mananta.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8587 seconds (0.1#10.140)