Menpar Boyong Artis, Menteri Susi Menginap 3 Malam di Luwuk

Rabu, 24 Juli 2019 - 15:30 WIB
Menpar Boyong Artis, Menteri Susi Menginap 3 Malam di Luwuk
Menpar Boyong Artis, Menteri Susi Menginap 3 Malam di Luwuk
A A A
LUWUK - Festival Pulo Dua, Pesona Luwuk Banggai akan dibuka Kamis (25/7/2019). Istimewanya, festival yang merupakan bagian dari 100 Calendar of Events Wonderful Indonesia ini akan dibuka Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti dan Staf Ahli Menteri Pariwisata dan Kordinator 100 Calendar of Events Wonderful Indonesia (100 CoE WI) Esthy Reko Astuty.

Menurut Bupati Banggai H Herwin Yatim, aneka dukungan telah diberikan pemerintah pusat dalam kegiatan spektakuler ini. Salah satunya berasal dari Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Di Festival Pulo Dua yang masuk 100 CoE WI ini, Arief akan memboyong artis dari Jakarta ke Luwuk untuk memeriahkan acara pembukaan besok.

Selain Menpar, dukungan juga diberikan Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti. Susi bahkan akan tinggal di Luwuk selama 4 hari 3 malam untuk menikmati Festival Pulo Dua. Selama itu pula, dia telah berencana melakukan paddling di laut Pantai Kilo 5 yang berwarna khas hijau.

Dukungan lainnya juga diberikan manajemen Batik Air. Sejak kemarin hingga 6 bulan kedepan, para pramugari Batik Air di jalur terbang direct Jakarta—Luwuk (dinihari) dan jalur Jakarta—Makassar—Luwuk (pagi), serta Luwuk—Jakarta (sore) akan menggunakan kain batik tradisional asal Kab Banggai bernama Kain Nambo. Penumpang pun akan disapa oleh pramugari tentang ajakan berwisata ke Luwuk, Banggai.

"Walhasil, 3 hotel berbintang di Kota Luwuk, yakni Hotel Swisbell, Hotel Santika dan Hotel Estrella (d/h Aston) melaporkan, okupansi mereka mencapai 80% jelang dan sesudah festival. Hal yangg sama dialami 9 hotel budget di kota berjuluk Berair ini," kata Bupati Banggai Herwin Yatim.

Pemantauan wartawan, persiapan terus dilakukan Pemkab Banggai yang dipimpin langsung Herwin dan Wabup Mustar Labolo. Istimewanya pula dalam persiapan ini, Pemkab juga melibatkan kalangan swasta stakeholder pariwisata dalam komando Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Banggai atau Banggai Tourism Board (BTB).

Festival Pulo Dua akan resmi dibuka Kamis (25/7) di tepi Teluk Lalong nan cantik di tengah Kota Luwuk. Pembukaan akan dimulai jam 19.30 WITA. Pada Jumat (26/7), acara inti dilanjutkan di Pulo Dua Kec Balantak Utara. Acara akan berlangsung hingga Minggu (28/7) di desa berjarak tempuh 2 jam dari Kota Luwuk ini.

Sejumlah atraksi menarik akan ditampilkan di festival ini. Diantaranya adalah paragliding, tari kolosal ratusan penari, lomba underwater di taman laut Pulo dua, expo kuliner, Fashion on The Beach, Grand Final Tatu Udu Banggai 2019 hingga penampilan artis Jakarta di pembukaan Luwuk dan malam penutupan di Pulo Dua.

"Nah, untuk torang semua penasaran tentang Kabupaten Luwuk Banggai? Ayo, berwisata dan hadiri Festival Pulo Dua!" ajak Ketua Banggai Tourism Board Dino Gobel.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8295 seconds (0.1#10.140)