Seks Jadi Kurang Memuaskan Saat Usia Wanita Makin Bertambah

Jum'at, 26 Juli 2019 - 22:33 WIB
Seks Jadi Kurang Memuaskan Saat Usia Wanita Makin Bertambah
Seks Jadi Kurang Memuaskan Saat Usia Wanita Makin Bertambah
A A A
JAKARTA - Seiring bertambahnya usia, seks menjadi kurang memuaskan bagi para wanita. Berdasarkan peneliti, kondisi ini disebabkan karena beberapa alasan, diantaranya karena kurangnya pasangan, janda, gejala yang berhubungan dengan menopause, masalah kesehatan fisik dan hubungan pasangan yang buruk.

Dalam penelitian yang diterbitkan Menopause: The Journal of the North American Menopause Society menjelaskan, bertambahnya usia membuat wanita secara teratur menurunkan aktivitas seks dan hubungan seks menjadi lebih menurun pasca-menopause.

Studi ini meneliti bagaimana hubungan intim, faktor kesehatan dan psikologis mempengaruhi keintiman dan kepuasan seksual pada wanita pasca-menopause.

"Tantangan kesehatan seksual umum terjadi pada wanita seiring bertambahnya usia, dan faktor pasangan memainkan peran penting dalam aktivitas dan kepuasan seksual wanita," kata Stephanie Faubion selaku Direktur Medis di Masyarakat Amerika Utara Menopause seperti dilansir dari Times Now News.

"Selain itu, masalah yang berhubungan dengan menopause seperti kekeringan pada vagina dan rasa sakit dengan seks telah diidentifikasi yang mempengaruhi fungsi seksual, namun beberapa wanita mencari pengobatan untuk masalah ini meskipun ada terapi yang efektif," lanjut Faubion.

Para peneliti mempelajari bagaimana dan mengapa libido wanita dan tingkat kepuasan seksual menurun selama dan setelah menopause. Penelitian dilakukan dengan alasan biologis, seperti hot flashes, gangguan tidur, kekeringan pada vagina dan hubungan seksual yang menyakitkan.

Tetapi, jauh lebih sedikit yang diketahui tentang efek dari berbagai perubahan psikososial yang umum pada pasca-menopause. Ini termasuk masalah citra tubuh, kepercayaan diri dan keinginan yang dirasakan, stres, perubahan suasana hati dan masalah hubungan. (Baca juga: MNC Life dan Softex Daun Sirih Gelar Women Healthy Talkshow ).

Penelitian melibatkan 4.500 wanita pasca-menopause yang terlibat dalam Uji Kolaboratif Inggris untuk Pemeriksaan Kanker ovarium dan hasilnya menunjukkan bahwa, sebelum dimulainya skrining tahunan, sekitar setengah dari wanita aktif secara seksual.

Penurunan dalam semua aspek aktivitas seksual diamati dari waktu ke waktu - aktivitas seksual lebih jarang, tidak menyenangkan dan lebih tidak nyaman. Alasan utama tidak adanya aktivitas seksual adalah kurangnya pasangan, terutama karena janda.

Alasan lain yang sering dikutip untuk penurunan aktivitas termasuk kondisi medis pasangan, disfungsi seksual pasangan, masalah kesehatan fisik wanita itu sendiri, dan gejala yang berhubungan dengan menopause.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8309 seconds (0.1#10.140)