Koki Johnny DiFrancesco Catat Rekor Dunia di Bidang Kuliner

Sabtu, 27 Juli 2019 - 05:25 WIB
Koki Johnny DiFrancesco Catat Rekor Dunia di Bidang Kuliner
Koki Johnny DiFrancesco Catat Rekor Dunia di Bidang Kuliner
A A A
LONDON - Dunia kuliner begitu luas. Bahkan kuliner menjadi objek yang dominan dalam pemecahan rekor dunia versi Guinness World Records. Lewat kuliner inilah para koki dari seluruh dunia berupaya menciptakan rekor berdasarkan keahlian dan kemampuannya. Pemecahan rekor makanan itu juga melibatkan banyak komunitas dan orang dalam sebuah acara besar.

Pemecahan rekor juga bertujuan sebagai ajang untuk mempromosikan makanan atau brand tertentu. Rekor bidang kuliner antara lain diciptakan seorang koki ternama asal Australia yang membuat piza dengan 154 jenis keju. Dia adalah Johnny DiFrancesco, seorang koki di restoran 400 Gradi di Melbourne.

Dia mampu mengalahkan rekor sebelumnya, yakni piza dengan 111 jenis keju. “Jenis keju yang dijadikan topping termasuk gorgonzola, pecorino, taleggio, aged cheddar, goudam, dan banyak lainnya,” kata DiFrancessco dalam rilis resmi versi Guinness World Records.

Dia terinspirasi membuat piza keju setelah menonton film The Mutant Ninja Turtles yang salah satu karakternya, Donatello, mengungkapkan bahwa piza dengan topping 99 keju yang berbeda itu merupakan “kuliner yang tidak mungkin”. Dari sanalah DiFrancesso justru tertantang hingga kemudian, 99-cheese pizza juga dibuat olehnya dan menjadi menu andalan 400 Gradi.

Johnny juga mencoba menciptakan menu 154 cheese pizza. “Saya meminta maaf kepada Donatello kalau kuliner yang tak masuk akal itu pun bisa diwujudkan,” ujarnya. Dia mengaku, awal untuk membuat 154 cheese pizza itu memang sangatlah sulit. “Itu awalnya ide yang terlalu ambisius. Tapi semuanya bisa diantisipasi,” terangnya.

Masih berkaitan dengan makanan, para koki di Italia memanggang tiramisu terpanjang di dunia sepanjang 900 kaki atau 274 meter. Aksi yang dilaksanakan pada 16 Maret lalu itu dilakukan oleh 30 koki dari sekolah memasak Galbani Santa Lucia di Milan, Italia. Proses pembuatan tiramisu tersebut dipimpin oleh Chef Stefano Callegaro, pemenang MAsterChef Italia edisi keempat.

Setelah upaya pemecahan rekor tercapai, tiramisu tersebut didonasikan ke rumah sakit anak. Sebanyak 15.000 porsi tiramisu dibagikan untuk para pasien dan keluarganya di rumah sakit tersebut. Rekor tiramisu terpanjang sebelumnya adalah 266,9 meter dan dicapai pada Februari 2018 di Italia. Ada kemungkinan tahun depan rekor tiramisu terpanjang lagi juga akan diwujudkan oleh koki lain.

Adapun dimsum terbesar di dunia disajikan pada Februari 2019 di Sydney, Australia dan dikonsumsi oleh 764 orang. Acara tersebut dilaksanakan dalam Festival Imlek Sydney sebagai perayaan untuk Tahun Babi. Dimsum tersebut dibuat oleh para koki food truck. Acara itu terwujud berkat kerja sama Channel 7 dan Pemerintah Kota Sydney.

Adapun pada kompetisi makan tercepat burrito, makanan khas asal Meksiko yang terdiri atas tortila berisi daging yang sudah dimasak, rekor tercepat dipecahkan oleh Leah Shutkever dari Birmingham, Inggris, yang makan kuliner tersebut dalam waktu 44,20 detik pada Mei lalu. Rekor sebelumnya tercatat 50 detik. Shutkever juga mendokumentasikan aksi dan berbagi pengalaman bagaimana cara makan burrito yang asyik dan cepat.

Liza Thomas, barista dari Queensland, Australia, mampu menyiapkan 420 cappuccino hanya dalam waktu satu jam atau tujuh menit setiap cangkirnya. Aksinya itu diciptakan pada April lalu. Pemecahan rekor berkaitan dengan makanan juga dilaksanakan para koki di India. Selama 42 jam, mereka tidak berhenti memanggang untuk membentuk tower cupcake tertinggi di dunia. Rekor yang terpecahkan adalah 18.818 cupcake setinggi 12,7 meter.

Berlomba Pecahkan Rekor


Berbagai kelompok, organisasi atau pribadi dengan keahlian dan keunikannya memang selalu berusaha memecahkan rekor dunia versi Guinness World Records. Rekor itu bersifat mengalahkan catatan sebelumnya atau penciptaan rekor baru di bidang hal baru yang belum ada tandingan. Guinness World Records telah memublikasi catatan rekor dunia sejak 1955 dan mereka telah merekam dan mencatat semua bentuk prestasi penciptaan rekor dunia.

Dengan menjadi yang ter-, orang atau kelompok tertentu memiliki kebanggaan. Rekor dunia yang menarik perhatian adalah ketika sebanyak 1.347 perempuan berusia 19–92 tahun yang mengenakan gaun pengantin berhasil memecahkan rekor untuk pertemuan orang sebagai calon pengantin, 23 Juli lalu. Menurut Guinness World Records, status perempuan tersebut beragam baik jomblo, janda maupun mereka yang berstatus sudah menikah.

Acara itu digelar oleh Sedka Novias, sebuah toko fashiion gaun pengantin di Petret, Spanyol. Rekor selanjutnya adalah para pematung membangun istana pasir tertinggi di dunia di Binz, Jerman. Istana itu memiliki tinggi 57 kaki atau 17,37 meter. Patung dibangun oleh 12 pematung dan 8 teknisi dari Rusia, Polandia, Hungaria, Jerman, Belanda, dan Latvia.

Mereka menghabiskan waktu selama tiga setengah pekan untuk membangun istana pasir tersebut dengan 11 ton pasir. Diameter istana pasir itu mencapai 26 meter. Guinness World Records mengumumkan rekor istana tersebut dipecahkan pada 5 Juni lalu. Tim yang dipimpin pematung Thomas van den Dungen itu bertujuan untuk mengalahkan rekor sebelumnya pada 2017.

Tak kalah menarik adalah pemecahan rekor dunia yang melibatkan 633 scuba-diver di Deerfield Beach, Florida, untuk acara membersihkan dasar samudra terbesar di dunia. Pemecahan rekor yang dilaksanakan pada 15 Juni lalu itu bernama Project AWARE, sebuah organisasi nirlaba. Mereka berhasil membersihkan 1.451 kg sampah lautan.

Berkaitan dengan usia, penyu berusia 187 tahun bernama Jonathan dinyatakan sebagai binatang tertua di dunia. Penyu yang lahir pada 1832 itu mengalami dua perang dunia dan melewati banyak perubahan zaman. Bagaimana orang tertua di dunia? Kane Tanaka dari Jepang menjadi perempuan tertua di dunia. Nenek berusia 116 tahun 66 hari itu memegang sertifikat Guinness World Records dalam sebuah acara di Fukuoka, Jepang, pada 9 Maret lalu.

Tanaka lahir pada 1903 ketika Wright bersaudara sukses membuat sebuah pesawat bisa terbang. Pemecahan rekor personal dilakukan seorang pria di Selandia Baru yang memecahkan rekor dengan menyelam 70 meter di bawah air es sambil menutup hidup selama dua setengah menit. Aksi yang dilakukan penyelam bebas Anthony Williams itu dilakukan hanya dengan baju menyelam dan sepatu sirip ikan. Aksi itu dilaksanakan pada Maret 2019 di mana dia menyelam di air es di Kirkenes, Norwegia.

Kemudian LEGO Group berhasil menciptakan Guinness World Record pada 11 April lalu dengan menampilkan figur LEGO “Star Wars”. Sebanyak 36.440 Stormtrooper dibuat oleh 12 orang selama 38 jam. Pemecahan rekor instalasi lainnya yang menarik perhatian dunia adalah 168.037 sedotan plastik yang disusun menjadi “lautan plastik” di Ho Chi Minh City, Vietnam. Pemecahan rekor yang dibuat seniman asal Kanada Von Wong itu mampu membentuk instalasi seni setinggi 3 meter.

Hal itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran bahaya penggunaan plastik. Wong mengumpulkan plastik itu dari kedai kopi Starbuck di Vietnam. Berkaitan dengan dunia media sosial, pemecahan rekor unik ditorehkan foto sebuah telur yang menjadi foto paling disukai di Instagram. Torehan itu berhasil mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Kylie Jenner dengan 18 juta like pada Januari lalu. Foto telur pada akun @world_record_egg itu disukai lebih dari 30,5 like.

Kemudian akun Instagram Istana Sussex yang dihuni Pangeran Harry dan Meghan Markle mendapatkan jumlah pengikut 1 juta dalam waktu paling cepat, yakni lima jam 45 menit. Itu berhasil diraih pada 2 April silam. Rekor lainnya diciptakan Julie Felton, 45, asal Inggris karena memiliki kaki terbesar di dunia khusus untuk perempuan. “Saya sangat sulit menemukan sepatu yang cocok,” kata Felton dilansir Guiness World Records. Ukuran kaki Felton adalah 49,5.

Rekor dunia yang menarik adalah tarian tradisional konyak terbesar di dunia yang dilakukan lebih dari 4.687 perempuan dari 130 desa di India. Mereka saling berpegangan dan menarik bersama. Secara visual, performa pemecahan rekor tersebut membuat banyak orang terkagum-kagum. Tarian tersebut juga terdokumentasi di video YouTube milik Guinness World Records.

Rekor tak kalah unik dicatatkan David Rush yang mampu melepaskan 70 kaus kaki dari orang yang berjajar selama satu menit. Pria asal Amerika itu melaksanakan aksinya di Athena, Yunani. Bagi para pencinta Teddy Bear, rekor ini pasti akan sangat disukai. Berbagai organisasi di Meksiko membuat Teddy Bear terbesar dunia dengan berat 3.628 kg dan memiliki panjang 19,41 meter pada 28 April lalu.

Acara yang dilaksanakan di Xonacatlan, Meksiko, itu sebagai upaya untuk merayakan hari nasional Meksiko bagi anak-anak. Kemudian rekor yang membutuhkan kerja sama seperti 2.020 orang yang saling berpegangan tangan membentuk bunga matahari untuk menyimbolkan komunitas multikultur berhasil dilaksanakan di Haidong, Qinghai, China, pada 10 Maret lalu.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3829 seconds (0.1#10.140)