Es Loli Ketan Mangga, Cara Lain Nikmati Dessert Khas Thailand

Minggu, 04 Agustus 2019 - 09:38 WIB
Es Loli Ketan Mangga, Cara Lain Nikmati Dessert Khas Thailand
Es Loli Ketan Mangga, Cara Lain Nikmati Dessert Khas Thailand
A A A
JAKARTA - Es loli biasanya dibuat dengan bahan buah-buahan segar. Rasanya yang manis dan menyegarkan tentu disukai banyak orang. Es ini pun cocok disantap ketika hawa sedang panas. Namun, apa jadinya kalau es ini dibuat dengan bahan dasar ketan?

Memang bukan hal yang tidak mungkin. Ketan dengan tambahan mangga alias ketan mangga bisa dijadikan alternatif untuk es loli. Ini tentu bisa menjadi cara lain untuk menikmati jajanan khas Thailand yang telah mendunia ini.

Sedikit tips, sebelum membuat es loli ketan mangga ini, beras ketan lebih baik direndam selama semalaman agar lebih tanak saat dimasak. Namun, jika Anda tak mau repot memasak ketannya, Anda pun bisa membelinya yang sudah matang di pasaran.

Ingin membuat es loli ketan mangga untuk keluarga tercinta di rumah? Berikut resep es loli ketan mangga seperti dikutip dari The New York Times.

Bahan:
1 ¾ cangkir santan kental
1 cangkir ketan dari ½ cangkir beras ketan
¾ cangkir krim kental
⅓ cangkir gula pasir
¼ sendok the garam
¾ cangkir mangga yang sudah dipotong dadu

Cara Membuat:
1. Campurkan santan, ketan, krim, gula dan garam. Masak dan aduk-aduk. Kecilkan api dan terus masak dan aduk sampai ketan menjadi lembut dan adonan menjadi tebal, selama sekitar 20 menit. Angkat dan dinginkan selama sekitar 15 menit. Masukkan mangga, aduk sampai rata.

2. Siapkan cetakan es loli sebanyak 10 cangkir. Tuangkan adonan es loli, aduk. Dinginkan selama 1 jam. Tusukkan stik es krim dan terus dinginkan es sampai padat.

3. Untuk menyajikan es loli ini, rendam cetakan es di dalam air panas sampai es bisa ditarik dari cetakan. Segera sajikan.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2304 seconds (0.1#10.140)