Potong Rambut Terlalu Pendek? Ini 5 Cara Memanjangkannya Kembali

Sabtu, 17 Agustus 2019 - 15:41 WIB
Potong Rambut Terlalu Pendek? Ini 5 Cara Memanjangkannya Kembali
Potong Rambut Terlalu Pendek? Ini 5 Cara Memanjangkannya Kembali
A A A
JAKARTA - Istilah bad hair day mungkin sering kali digunakan jika kondisi rambut sedang tidak bersahabat. Salah satu contoh yang terbilang fatal dan cenderung membutuhkan banyak waktu untuk memperbaikinya adalah jika memotong rambut terlalu pendek atau potongannya tidak sesuai seperti yang diingankan.

Kendati demikian, tak perlu khawatir. Pasalnya, hal ini bisa diatasi dengan mempercepat pertumbuhan rambut. Memang bisa? Seperti dikutip Sociolla, berikut tips mempercepat pertumbuhan rambut ketika salah potong.

1. Pijat lembut bagian kulit kepala
Salah satu cara terbaik untuk merangsang pertumbuhan rambut adalah dengan meningkatkan aliran darah pada kulit kepala. Anda bisa melakukan pijatan lembut saat keramas guna memperlancar aliran darah. Sebagai tambahan, Anda juga dapat menggunakan minyak esensial dan memijatnya di kulit kepala setiap satu hingga dua kali seminggu.

2. Perhatikan makanan yang dikonsumsi
Jika ingin rambut tumbuh panjang dan sehat, Anda perlu mengkonsumsi makanan yang tepat sehingga dapat mendukung pertumbuhan. Makanan yang mengandung vitamin D dan vitamin B baik untuk pertumbuhan rambut, tapi juga membutuhkan mineral, protein, dan asam lemak omega-3 untuk menyempurnakannya. Selain makanan sehat, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen yang dikhususkan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

3. Lakukan perawatan rambut
Terlepas menggunakan sampo dan kondisioner, perawatan yang bisa dilakukan untuk pertumbuhan rambut adalah menggunakan produk profesional yang menangani masalah khusus, seperti rambut rontok atau patah.

Saat selesai mandi, bilaslah menggunakan air dingin yang mampu menutup kutikula rambut dan mencegahnya dari kerusakan. Selanjutnya, saat ingin meningkatkan pertumbuhan rambut, sebaiknya jangan menyisir rambut dalam keadaan basah dan sebisa mungkin hindari penggunaan produk yang terlalu kuat atau keras, seperti hairdryer.

4. Hindari sinar UV
Sinar matahari tidak hanya dapat merusak kulit, tetapi juga mempengaruhi pertumbuhan rambuy. Hal ini terjadi karena sinar UVB dapat menyebabkan hilangnya protein dan merusak lapisan pelindung rambut. Jika hari sedang terik, sebaiknya gunakan topi atau penutup kepala lainnya untuk menghindari rambut terekspos oleh sinar matahari secara berlebihan.

5. Rileks
Saat stres, tingkat pertumbuhan rambut menjadi lebih lambat dan cenderung mengalami kerontokan. Untuk memastikan rambut tumbuh dengan kecepatan normal, cobalah tetap rileks. Anda dapat melakukan olahraga yang memberikan relaksasi, seperti yoga. Jika melakukannya secara rutin, mungkin Anda akan mendapatkan manfaat dari kegiatan tersebut. Semakin rileks, semakin cepat dan sehat pula rambut Anda akan tumbuh.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3146 seconds (0.1#10.140)