Turunkan Berat Badan dengan Diet Gen

Senin, 02 September 2019 - 10:25 WIB
Turunkan Berat Badan dengan Diet Gen
Turunkan Berat Badan dengan Diet Gen
A A A
SUDAH diet dan berolahraga rutin tapi tidak mendapatkan hasil signifikan? Mungkin saja diet dan olahraga Anda selama ini tidak tepat bagi tubuh. Nah, pemeriksaan genetik bisa menjadi solusinya.

Pemeriksaan ini mengaitkan kebutuhan nutrisi dan olahraga yang tepat sehingga menunjang pola hidup lebih sehat. Sekitar 75 gen dapat dicek lewat pemeriksaan tersebut dengan total 11 panel. Nantinya dengan mengetahui panel weight management dan hormonal akan diketahui pola diet yang sesuai dengan profil genetik individu.

“Pemeriksaan genetik nutrigenomik perlu dilakukan untuk mengetahui nutrisi yang tepat dalam memberikan rekomendasi kepada pasien untuk menjaga tubuh tetap sehat,” kata dr Win Johanes MS SpGK dalam acara Kalbe Luncurkan Panel Baru dalam Pemeriksaan Genetik yang diadakan Kalbe.

Nutrigenomik merupakan satu terobosan ilmu genetika yang bisa mendukung para dokter gizi untuk memberikan konsultasi yang tepat, meal plan yang sesuai genetik, serta memandu aktivitas fisik pasien agar mendapatkan kondisi tubuh yang ideal dan sehat.

Sementara itu, Harumi, beauty influencer serta pemerhati olahraga dan kesehatan tubuh, mengatakan, dia disarankan dokter untuk melakukan tes tersebut. “Saya rutin ke dokter estetika untuk merawat kesehatan kulit, juga menjaga tubuh tetap ideal dengan mengonsultasikan hasil Nutrigen Me ke dokter gizi. Dengan rekomendasi dokter gizi melalui meal plan dan olahraga, sangat membantu saya dan keluarga untuk hidup lebih sehat,” kata Harumi.

Keunggulan Nutrigen Me dibanding pemeriksaan genetik lainnya adalah segi pemilihan gen yang secara penelitian memberikan dampak lebih kuat terhadap kesehatan tubuh. Pemeriksaan ini cukup mudah, hanya menggunakan air liur (kandungan DNA dari dinding mukosa mulut) yang ditampung dalam kit lengkap dengan pengawetnya.

Pemeriksaan ini tidak menggunakan darah karena kandungan DNA darah, rambut, maupun mukosa dinding mulut sama sehingga sangat praktis, nyaman, noninvansif, terhindar risiko infeksi, dan cepat. Ahli nutrigenomik dari Universitas Toronto, Kanada, Dr. Bibiana Bailo menuturkan, secara global pemeriksaan nutrigenomik ini sudah menjadi tren, terutama bagi orang yang memperhatikan kesehatan.

“Kesehatan bukan dalam konteks penyakit, melainkan lebih pada pencegahan penyakit kardiometabolik, terutama penyakit jantung, stroke, hipertensi, diabetes, gagal ginjal, dan obesitas, yang semakin meningkat dari tahuan ke tahun,” bebernya. (Sri Noviarni)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3525 seconds (0.1#10.140)