Makanan Pedas Masih Menjadi Tren Kuliner di Indonesia

Senin, 02 September 2019 - 13:30 WIB
Makanan Pedas Masih Menjadi Tren Kuliner di Indonesia
Makanan Pedas Masih Menjadi Tren Kuliner di Indonesia
A A A
JAKARTA - Makanan dengan cita rasa pedas masih menjadi tren kuliner Indonesia. Hal ini terbukti dari banyaknya penjaja kuliner yang menghadirkan berbagai olahan dengan tingkat level kepedasan yang beragam. Sebut saja ayam geprek, seblak, bakso aci hingga mie.

Hal ini pun dibenarkan oleh chef profesional, Yuda Bustara. Menurut Chef Yuda, tren makanan pedas diprediksi tidak akan ada matinya dan terus berkembang. Pasalnya, rasa pedas sudah menjadi suatu kebiasaan yang sangat melekat dengan masyarakat Indonesia.

"Tren ini abadi. Kalo orang tumbuh dengan lidah Indonesia pasti terbiasa dengan rasa pedas," kata Chef Yuda.

Masyarakat Indonesia sendiri dikenal senang untuk menambahkan elemen pedas pada makanan yang dikonsumsi karena dinilai dapat menambahkan cita rasa dari makanan tersebut. Berbagai jenis makanan seperti bakso, nasi goreng, mie ayam, dan makanan lainnya seringkali dikombinasikan dengan menggunakan sambal.

"Hampir semua orang menyukai pedas, namun tidak semua orang menyukai rasa pedas yang berlebihan," kata dia.

Namun, Chef Yuda menilai saat ini rasa pedas yang dihadirkan para pelaku industri makanan terbilang tidak lazim. Alasannya tak lain karena adanya tingkat level kepedasan yang justru dapat merusak rasa hidangan yang ada, bukan menambah kenikmatan.

"Pedes zaman sekarang kayak mi instan yang pedes banget, nggak lazim. Kalau terlalu pedes, malah paiht dan menghilangkan rasa originalnya," kata dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7123 seconds (0.1#10.140)