Bunda, Ini Cara Membuat Roti Gambang Khas Semarang

Kamis, 05 September 2019 - 14:32 WIB
Bunda, Ini Cara Membuat...
Bunda, Ini Cara Membuat Roti Gambang Khas Semarang
A A A
JAKARTA - Roti gambang merupakan jajanan tradisional khas Semarang yang semakin jarang ditemui. Berbeda dari jenis roti lainnya, roti gambang memiliki tekstur yang tidak lembut sehingga agak alot atau bantat saat dikonsumsi.

Namun, seiring waktu, beberapa produsen telah memodifikasi tekstur roti gambang menjadi lebih modern dan kekinian. Rasanya pun bisa dicoba. Menariknya, Anda tak perlu jauh-jauh ke Semarang atau mencari tempat khusus yang menjual makanan ini. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya pun mudah. Berikut resep membuatnya seperti dikutip akun Instagram @masaktv.

Bahan-bahan:
300 g tepung terigu protein sedang
110 g tepung roti
140 g gula merah cair
75 ml air
50 g gula pasir
½ sdt soda kue
1 sdt baking powder
1 ½ sdt kayu manis bubuk
1 butir kuning telur
50 g mentega cair
15 g wijen
½ sdt garam
2 sdm air

Cara membuat:

Didihkan gula merah yang dimasukkan ke dalam air hingga larut. Angkat, saring dan dinginkan. Campurkan tepung terigu, soda kue, baking powder, kayu manis bubuk, dan garam. Aduk hingga rata kemudian lubangi bagian tengahnya. Masukkan kuning telur, aduk kembali hingga rata. (Baca juga: Resep Jus Kedondong yang Bisa Mengatasi Batuk hingga Berat Badan ).

Tuang air gula sedikit demi sedikit sambil di uleni. Tambahkan mentega dan uleni hingga rata dan halus. Diamkan selama 30 menit. Bentuk adonan menjadi lonjong. Olesi sedikit air lalu taburkan wijen. Panggang di oven dengan suhu 160 celcius selama 30 menit. Angkat. Roti gambang siap dihidangkan.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0846 seconds (0.1#10.140)