Ikatan Dokter Indonesia: Nutrisi Anak Harus Didukung sejak Dini

Sabtu, 28 September 2019 - 10:33 WIB
Ikatan Dokter Indonesia: Nutrisi Anak Harus Didukung sejak Dini
Ikatan Dokter Indonesia: Nutrisi Anak Harus Didukung sejak Dini
A A A
BERDASARKAN data Nielsen dari survei Brand Health Tracking mengenai Formula Bayi dan Formula Lanjutan (IFFO) tahun 2015, sebesar 46% respondennya menyatakan kebutuhan mereka akan air khusus untuk melarutkan susu atau makanan pendamping ASI. Lalu, 65% di antara nya menyatakan bahwa bayi memerlukan air minum yang lebih natural dan alami.

Selain alasan tersebut, alasan lainnya adalah karena pencernaan bayi masih lemah (32%) dan air minum memiliki peran penting untuk membantu tumbuh kembang bayi (30%). Tumbuh kembang yang optimal diperlukan selama periode 1.000 hari pertama kehidupan (1.000 HPK).

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) melalui perwakilannya Dr Fery Rahman MKM selaku Wakil Sekretaris Jenderal PB IDI menyampaikan, “Merujuk pada data dari WHO tahun 2003 (Feeding and Nutrition of Infants and Young Children. Guidelines for the WHO European Region, WHO Regional Publications, European Series, No87), kontaminasi makanan (termasuk air minum) oleh agen mikroba adalah salah satu penyebab utama diare pada bayi dan anak kecil,” sebutnya.

Selanjutnya, Dr Muliaman Mansyur, Head of Medical Kalbe Nutritionals, mengatakan, “Dalam konteks melarutkan susu atau makanan pendam ping ASI, air demineral atau bebas mineral adalah air yang ideal digunakan sebagai pelarut susu atau makanan pendamping ASI karena tidak akan mengubah kemurnian nutrisi yang terkandung dalam komposisinya," katanya.

Karenanya, lanjut dia, diperkenalkan Morinaga Heiko+ Water sebagai inovasi terbaru dari Kalbe Nutritionals dan Morinaga Research Center Jepang. "Produk Morinaga tersebut merupakan air murni yang bebas mineral dan bakteri, steril dan higienis diproses melalui 8 tahapan proses untuk menghasilkan kualitas air murni terbaik sekaligus memenuhi standar BPOM, SNI dan memiliki sertifikat halal LPPOM MUI.”

Helly Oktaviana, Senior Group Business Unit Head For Kids Nutrition, menyebutkan, “Bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Kalbe Nutritionals menggagas kampanye Dukung Kemurnian Nutrisi Anak sejak Dini melalui pemilihan air yang tepat agar mampu melindungi nutrisi makanan anak dengan tidak mengubah komposisi susu dan makanan pendamping ASI yang sudah dibuat sesuai dengan standar BPOM.”

Pemahaman umum dalam menyiapkan susu atau makanan pendamping ASI adalah melarutkannya dengan air (baik AMDK maupun air pipa) dalam keadaan panas mendidih. Asumsinya, air panas mendidih mampu membunuh kuman, virus dan bakteri.

Padahal, air panas mendidih yang dipanaskan terlalu lama juga bisa meningkatkan kandungan mineral dalam air dan merusak kandungan nutrisi lainnya. Sebagai air murni dan steril, Morinaga Heiko+ Water dapat melindungi nutrisi makanan anak dengan tidak mengubah komposisi serta mudah melarutkan susu atau makanan pendamping ASI.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3843 seconds (0.1#10.140)